Sungai Meluap Akibat Hujan Lama, Ratusan Warga Tanjungsiang dan Cisalak Mengungsi

Banjir melanda sebagian wilayah Subang Selatan, Rabu 2/12/2020 (dok. KM)
Banjir melanda sebagian wilayah Subang Selatan, Rabu 2/12/2020 (dok. KM)

SUBANG (KM) – Sedikitnya 6 desa di wilayah Subang selatan terendam banjir akibat meluapnya sungai di Kecamatan Tanjungsiang dan Cisalak, Rabu 2/12 malam.

Luapan sungai tersebut ditengarai akibat curah hujan yang tinggi, yang mengguyur sebagian wilayah Subang sejak sore hari hingga malam hari kemarin. Akibatnya, empat desa di Kecamatan Cisalak, yakni Desa Mayang, Desa Sukakerti, Desa Gardusayang, dan Desa Pakuhaji pun terkena imbasnya, demikian juga di di Desa Buniara dan Desa Cikawung, Kecamatan Tanjungsiang.

Menurut warga Desa Cikawung, Dedi Supriadi, luapan sungai dari arah Cileat tersebut meluap sekitar pukul 19.15 WIB. “Kami tak menyangka jika luapannya sampai ke permukiman. Ternyata semakin malam semakin membesar airnya,” ungkap Dedi.

Advertisement

Dikatakannya, semakin malam, curah hujan semakin tinggi. Akibatnya, volume luapan air semakin membesar. “Terpaksa ratusan keluarga lainnya juga turut mengungsi ke tempat yang lebih aman. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Subang, Jajang, mengatakan bahwa pihaknya bersama tim Tagana lainnya langsung menuju ke lokasi kejadian.

“Pertama, kita lakukan assessment yang kemudian kita akan membantu masyarakat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Termasuk kita akan bantu evakuasi untuk keselamatan warga terdampak luapan sungai tersebut,” kata Jajang.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: