Guru Besar SGI dan Museum Golok Indonesia Raih Piagam Penghargaan dari KOPASSUS

Ki Kumbang Saat Memberikan Wawasan Ilmu Golok Kepada Prajurit Kopassus (dok.KM)
Ki Kumbang Saat Memberikan Wawasan Ilmu Golok Kepada Prajurit Kopassus (dok. KM)

TANGSEL (KM) – Satuan elit TNI Angkatan Darat Republik Indonesia atau yang biasa di kenal dengan nama KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus) memberikan piagam penghargaan kepada Ki Kumbang yang merupakan Guru Besar Seni Golok Indonesia yang juga adalah pendiri Museum Golok Indonesia pada hari Rabu, 23 Desember 2020.

Sebelumnya, Ki Kumbang mendapatkan perintah untuk memberikan pelatihan seni beladiri golok kepada prajurit Grup 1 Kopassus selama satu bulan di Museum Golok Indonesia, berkaitan dengan diterimanya golok menjadi salah satu bagian dari persenjataan Kopassus yang merupakan senjata tradisional warisan bangsa Indonesia.

Piagam Penghargaan untuk Museum Golok Indonesia dari Grup 1 Kopassus (dok. KM)
Piagam Penghargaan untuk Museum Golok Indonesia dari Grup 1 Kopassus (dok. KM)

Selain memberikan pelatihan beladiri golok, para prajurit Grup 1 Kopassus juga diberikan pengetahuan tentang macam-macam pusaka golok mulai dari bentuk bilah, pamor, hingga filosofi golok tersebut yang mana setiap golok mempunyai filosofi yang berbeda-beda dari setiap bentuknya.

Advertisement

“Saya berharap Grup 1 Kopassus dapat menjadi pelopor agar golok bisa dikenal dunia sebagai sebuah senjata asli bangsa Indonesia,” ujar Ki Kumbang kepada KM 26/12.

Selain memberikan piagam penghargaan kepada Ki Kumbang, Kopassus juga memberikan piagam penghargaan untuk Museum Golok Indonesia atas dedikasinya memberikan wawasan pengetahuan tentang golok kepada prajurit Grup 1 Kopassus.

“Pelatihan selama 1 bulan ini dilakukan di Museum Golok Indonesia yang berlokasi di Villa Melati Mas, Serpong Tangerang Selatan, Banten,” pungkas Ki Kumbang.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*