Beberkan Sederet Inovasi Kadiskominfo Depok Ungkap Strategi Raih “Top Digital Award 2020”

DEPOK (KM) – Di penghujung tahun 2020, Kota Depok kembali meraih prestasi di ajang penghargaan bergengsi bidang teknologi digital tingkat nasional dengan menyabet penghargaan Top Digital Implementation 2020, Selasa 22/12.

Di ajang yang sama, Wali Kota Depok Muhammad Idris juga berhasil meraih penghargaan Top Leader On Digital Implementation 2020 dari Top Digital Award 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono saat memaparkan mengenai kemajuan teknologi di Kota Depok, Rabu 23/12.

Menurut Sidik, teknologi adalah tentang kebutuhan, di antaranya kebutuhan akan akses internet untuk kedinasan dan kebutuhan untuk masyarakat.

“Kebutuhan kedinasan ini alhamdulillah sudah tercover 100 persen oleh jaringan Kominfo. Kebutuhan internet untuk masyarakat, kita sudah memasang 99 titik yang kita sebut dengan Wifi Depok Bersahabat yang bisa diakses melalui aplikasi Depok Single Window,” ujarnya.

“Teknologi itu adalah tentang kebutuhan, menjawab tentang permasalahan yang ada dengan inovasi, kebutuhannya adalah mengintegrasi data, di Depok sendiri perlahan-lahan data sudah terintegrasi, sehingga data sudah terintegritas dalam suatu dashboard tunggal yaitu Depok Single Window,” jelasnya.

Sidik berharap agar aplikasi DSW yang dikembangkan Pemkot Depok bisa menjawab permasalahan masyarakat di Kota Depok, baik permasalahan di masa pandemi maupun permasalahan dalam hal lainnya.

“Perkembangan Depok Single Window juga sangat signifikan untuk menjawab permasalahan, khususnya di masa pandemi ini yaitu dengan adanya aplikasi kampung siaga covid yang berisi data masyarakat yang positif covid, ODP dan PDP,” ungkap Sidik.

Advertisement

Dalam hal kebencanaan, Sidik mengatakan jika pihaknya berupaya untuk memprediksi kemungkinan terjadinya bencana melalui pengembangan teknologi.

“Namun belum semuanya, yang sudah ada adalah kita memasang sensor banjir di dua titik yaitu di sungai Pesanggrahan dan sungai Ciliwung,” paparnya.

Sidik juga menyinggung hal yang terkait Depok sebagai Smart City. Menurutnya, Smart City ialah kota yang memiliki program solusi cerdas terhadap permasalahan dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada dan mandiri.

“Agar dapat mandiri, solusi ini melibatkan semua pihak, yang disebut juga dengan pentahelix. Pentahelix itu ABCGM, A itu akademisi, B itu Bisnis, C itu comunity, G itu government dan M itu media,” lanjutnya.

Sidik juga menyampaikan pentingnya edukasi dalam penggunaan internet. Ia berharap masyarakat Kota Depok dapat cerdas dan bijak dalam penggunaan internet dan tidak menjadi korban dari kemajuan jaman ini.

“Dalam hal ini kita lebih mengarah ke edukasinya, banyak masyarakat hanya menjadi korban dari internet, tidak mengetahui perundang-undangan yang mengakibatkan terjerat kasus ITE,” tandasnya.

Reporter: Sudrajat, Emil
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: