Warga Curug Mekar Minta Tindakan Pemkot Bogor Agar Cegah Longsor Terulang di Wilayahnya

Giat tanam pohon GTP ke-250 di kawasan Curug Mekar, Kota bogor, Minggu 22/11/2020 (dok. KM)
Giat tanam pohon GTP ke-250 di kawasan Curug Mekar, Kota bogor, Minggu 22/11/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Warga Kampung Curug Mekar, RT 06 RW 09 Kelurahan Curug Mekar Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, meminta agar Pemerintah dan DPRD Kota Bogor lebih memperhatikan kondisi lingkungan sekitarnya yang rawan longsor. Hal itu disampaikan pada kesempatan giat tanam pohon Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) di kawasan tersebut, yang turut dihadiri oleh sejumlah tokoh pemerintahan di Kota Bogor.

“Sebelumnya saya sangat berterimakasih dengan GTP yang sudah berpartisipasi menjaga lingkungan di wilayah kami, GTP sudah yang kedua kali melaksanakan giat di sini,” ungkap Ketua RT 06, Herman, usai giat tanam pohon GTP ke-250, Minggu 22/11.

“Pada kesempatan ini, saya mewakili warga ingin menyampaikan keinginan warga untuk lebih diperhatikan oleh Anggota DPRD Kota Bogor dan juga Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, agar pembangunan di sini lebih difokuskan. Ya kondisi lingkungan tanah yang labil, rawan longsor di RW 09, maka saya sampaikan di kesempatan hari ini,” jelas Herman.

Herman juga mengatakan, di wilayah ini “sangat sering” terjadi longsor. “Saat terjadi longsor di sini memang ditangani langsung dari pihak-pihak terkait, dari kelurahan, kecamatan dan BPBD, tapi dalam memperbaikinya yang tidak berjalan,” ujarnya.

Advertisement

“Ya seringnya tanah longsor di wilayah semoga dengan giat GTP yang dihadiri juga Anggota DPRD Kota Bogor, semoga lebih diperhatikan kondisi di wilayah kami,” tegas Herman.

Sementara Inisiator GTP Heri Cahyono menyampaikan, bahwa selain tanam pohon, pihaknya juga memperhatikan kondisi di wilayah ini, dengan kontur wilayah yang bertebing-tebing dan rawan tanah longsor.

“Wilayah ini juga terapit oleh perumahan-perumahan elit, jadi memang sangat sulit, dan jarang tersentuh. Maka ini akan menjadi perhatian lebih bagi kita, dimana hari ini juga hadir Anggota DPRD Kota Bogor Rifky Alaydrus dari PAN,” ungkap Heri yang juga Anggota DPRD Kota Bogor dari Partai Golkar.

Penanaman pohon, lanjut Heri, juga dapat menunjang kondisi tanah-tanah yang sangat rawan longsor. “Ya dengan tanam pohon sekitar 30 pohon di sini, jadi harapan juga mengatasi tanah labil yang rawan longsor di wilayah ini,” pungkas Heri.

Reporter: rajiv
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*