Rayakan Ruwatan Bumi, Desa Balingbing Pagaden Barat Adakan Hiburan Wayang Kulit

Ruwatan Bumi di desa Balingbing, Pagaden Barat, Subang, Kamis 5/11/2020 (dok. KM)
Ruwatan Bumi di desa Balingbing, Pagaden Barat, Subang, Kamis 5/11/2020 (dok. KM)

SUBANG (KM) – Pemdes Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, mengadakan acara Ruwatan Bumi di halaman kantor desa. Acara tersebut diwarnai dengan berbagai kegiatan, diantaranya meuncit munding, numbal, pawai pertanian dan pagelaran wayang kulit Cinta Pusaka Putra dari Cipunagara, Kamis 6/11.

Kegitan Ruwatan Bumi tersebut juga dihadiri Camat Pagaden Barat beserta stafnya, Anggota DPD RI Perwakilan Jawa Barat Aa Oni Suwarman, Kepala Desa Balingbing, Danramil Pagaden, Kapolsek Pagaden, dan para tokoh masyarakat setempat.

“Pada intinya kita laksanakan kegiatan Ruwatan Bumi ini adalah salah satu bentuk melestarikan budaya adat istiadat serta sebagai ungkapan syukur atas hasil pertanian yang melimpah,” ujar kepala Desa Balingbing, Casdi, didampingi Sekdes Indra kepada Kupas Merdeka pagi ini.

Advertisement

“Kegiatan yang pertama menyembelih kerbau, hajat ruwatan diikuti oleh para tokoh se-Desa Balingbing, arak-arakan keliling kampung dan hiburan wayang kulit Cinta Pusaka Putra dari Cipunagara dan yang terakhir acara puncak hajat ruwatan,” lanjutnya.

“Intinya dengan ruwatan bumi ini kita juga dapat mempersatukan seluruh warga masyarakat dan kami juga berpesan untuk masyarakat agar kegiatan ini tetap dijaga kelestariannya,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*