Diklaim Efektif Obati Covid-19, Pemerintah Didorong untuk Gunakan “Ivermectin” pada Pasien

Ilustrasi vaksin covid-19 (Reuters)
Ilustrasi vaksin covid-19 (Reuters)

BOGOR (KM) – Produk obat bernama “Ivermectin”, yang pertama kali diuji di Australia tahun ini untuk mengatasi infeksi virus corona atau penyakit covid-19, terbukti dalam 48 jam berhasil menghilangkan gejala infeksi virus tersebut pada pasien positif covid-19. Hal tersebut diklaim oleh Pembina Yayasan Harapan Gemilang, Andre.

“Ya Ivermectin ini sudah diuji dan banyak digunakan dalam memberantas virus covid-19. Awalnya, tahun 2020 ini diuji pada pasien covid-19 di Australia dan berhasil menghilangkan virus pada pasien positif,” ungkap Andre kepada awak media, Minggu 8/11.

“Ivermectin juga sudah digunakan di beberapa wilayah Indonesia, sekitar bulan April 2020, seperti di Pulau Halmahera bahkan di Jakarta juga digunakan dan berhasil menyembuhkan pasien covid-19, pasien dalam 48 jam bersih paru-parunya, bahkan dokter dan perawat yang positif covid-19 juga sudah ada yang sembuh dengan Ivermectin ini,” tambah Andre.

Andre juga menyampaikan bahwa Ivermectin sendiri sudah digunakan sejak tahun 1975 untuk mengobati infeksi parasit, dan semua izin Depkes juga sudah dikantongi. “Sejak 1975 Ivermectin ini digunakan menyembuhkan penyakit virus di Afrika, dan berhasil tanpa pandemi, namun untuk mendeklarasikan ini vaksin penyembuh covid-19 butuh waktu riset medis 5 tahun,” jelasnya.

Advertisement

“Ya untuk deklarasi ini vaksin penyembuh covid-19, butuh waktu panjang prosedur medis selama 5 tahun, terlalu lama, sedang pandemi covid-19 terus menjalar di Indonesia. Namun Ivermectin sudah diuji cobakan dan terbukti efektif menyembuhkan covid-19,” ujar Andre.

Lebih lanjut Andre mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses kepada pemerintah untuk menggunakan Ivermectin dalam menangani pasien positif covid-19 di Indonesia.

“Saat ini pemerintah sudah melirik Ivermectin untuk menjadi obat virus covid-19, namun masih meminta data yang lebih detail Ivermectin ini,” kata Andre.

“Nilai harga Invermectin juga sangat relatif terjangkau semua kalangan, per dosis hanya Rp5.000, jika tidak terkena positif covid-19, Ivermectin juga dapat menjaga ketahanan tubuh dan mengantisipasi terjangkit covid-19,” pungkas Andre.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*