Pemdes Gunung Menyan Pamijahan Razia Masker, Pelanggar Disuruh Nyanyikan Indonesia Raya

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya menekan penyebaran covid-19, di antaranya dengan mengetatkan razia pemakaian masker seperti yang terlihat di Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan, Senin 5/10 kemarin. Petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Pamijahan, diperkuat unsur TNI, polisi dan perangkat desa, melakukan razia masker non yustisi.

Hasilnya, masih ada orang yang tidak memakai masker saat sedang berada di ruang publik. Para pelanggar lantas diberikan edukasi mengenai protokol kesehatan dan sanksi sosial dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kepala Bidang Penegakan Perundang-udangan Trantib Satpol PP Kecamatan Pamijahan Agus Yulianto mengatakan, penegakan peraturan itu didasarkan pada Peraturan Bupati (Perbup) No 52 tahun 2020, sebagai perubahan atas Perbup No 42 tahun 2020 Tentang Aturan denda senilai Rp100 ribu bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker di tempat umum. Dan pada pasal 11 dijelaskan, selain berupa sanksi denda, ada dua sanksi lainnya untuk pelanggaran serupa, yakni teguran lisan serta kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum.

Advertisement

“Denda bagi mereka yang tidak memakai masker di tempat umum dikenakan sanksi teguran lisan serta kerja sosial seperti menyanyikan Pancasila dan edukasi kesehatan. Oleh karenanya, kami melakukan operasi non yustisi,” ujar Agus.

Lain dengan aparatur Desa, Misbah, yang mengatakan bahwa pelaksanaan razia masker bertujuan agar bisa membantu pemerintah mengurangi pelanggar protokol kesehatan dan bisa lebih cepat berlalu dari musibah pandemi covid-19. “Sebagian besar masyarakat telah sadar tentang pemakaian masker di luar rumah. Meskipun masih ada orang yang membandel tidak mengikuti peraturan pemerintah,” ungkapnya.

Reporter: Asep Awaluddin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*