Gandeng Gerakan Tanam Pohon, Camat Bogor Barat Canangkan “Sukunisasi” Bogor Barat

Giat Tanam Pohon GTP Ke-244 di Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Minggu 11/10/2020 (dok. KM)
Giat Tanam Pohon GTP Ke-244 di Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Minggu 11/10/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Giat penanaman pohon, selain untuk menambah ruang terbuka hijau, juga dapat digunakan sebagai sarana pencanangan ketahanan pangan. Hal tersebut disampaikan Camat Bogor Barat, Kota Bogor, Juniarti Estiningsih.

“Di saat pandemi ini tentu kita membutuhkan cadangan pangan sebagai alternatif, jika kita nantinya kesulitan mendapatkan bahan pokok makanan,” ungkap Camat yang akrab disapa Esti dalam sambutannya di giat Gerakan Tanam Pohon (GTP) ke- 244 di Gang Flamboyan Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu 11/10.

“Tentunya dengan kegiatan tanam pohon GTP di berbagai wilayah setiap minggu ini, dapat menambah ruang terbuka hijau, sebagai salah satu sarana dalam membangun ketahanan pangan,” tambah Esti.

Esti juga mengatakan, giat GTP “sangat membantu” Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, terutama di Kecamatan Bogor Barat.

“Ya dalam waktu dekat kita akan menanam pohon sukun di 16 kelurahan se-Kecamatan Bogor Barat bersama GTP, yang kita namakan dengan istilah Sukunisasi Bogor Barat,” jelas Esti.

Di tempat yang sama Anggota DPRD Kota Bogor dari Partai Amanat Nasional (PAN) Rifki Alaydrus dalam sambutannya juga menekankan pentingnya untuk terus menjaga lingkungan.

“Kesadaran menjaga lingkungan sangatlah penting, agar lingkungan kita tetap hijau, nyaman dan asri. Dengan memeliharanya juga dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan kita sendiri,” ujar Rifki.

Advertisement

Rifki juga menyampaikan bahwa dirinya bukan orang asing di GTP, dan sejak lima tahun lalu dirinya sudah aktif dari sekolah ke sekolah menanam pohon bersama para siswa. “Ya dan saya berjanji untuk terus bersama GTP menanam pohon setiap minggunya, sebagai komitmem terhadap alam dan pelestarian lingkungan di Kota Bogor,” tutup Rifki.

Sementara itu, Inisiator GTP Heri Cahyono menyampaikan bahwa rencana “sukunisasi” adalah ide yang cemerlang. “Ide dari Camat Bogor Barat untuk sukunisasi di seluruh Kelurahan se Kecamatan Bogor Barat akan segera kita realisasikan,” ungkap Heri yang juga Anggota DPRD Kota Bogor.

“Jika kita realisasikan, maka kita telah menerapkan pondasi ketahanan pangan di Kota Bogor, andai terjadi situasi terburuk dari pandemi saat ini, ya misalnya masyarakat kesulitan keuangan maka mereka tetap bisa bertahan dengan memanfaatkan alam d isekitarnya yang sudah kita tanami dengan aneka macam tanaman pangan, salah satunya adalah sukun,” pungkas Heri.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*