Pol PP Tenjolaya Gelar Razia Masker, Pelanggar Disuruh Nyanyikan Indonesia Raya dan Bacakan Pancasila

Kasi Tramtib Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, sedang memberikan arahan sebelum memulai operasi tenmask, Senin 12/10/2020 (dok. KM)
Kasi Tramtib Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, sedang memberikan arahan sebelum memulai operasi tenmask, Senin 12/10/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Tenjolaya menggelar operasi gabungan tertib masker dengan Babinsa, Babinmas, KNPI Kecamatan dan bantuan perangkat Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya yang menyasar warga yang melintas di perbatasan kecamatan dalam upaya mencegah penularan covid-19, Senin 12/10.

Kasi Tramtib Kecamatan Tenjolaya Kholid Syafruddin mengatakan bahwa operasi tertib 8 tersebut mencakup pengawasan dan penindakan sanksi terhadap warga yang melanggar protokol kesehatan covid-19, seperti tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. Sanksi sosial yang diberikan yakni dengan disuruh membacakan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Kami melakukan operasi gabungan untuk menjaga wilayah perbatasan. Dengan sasarannya warga yang melintas, dalam upaya mencegah penularan covid-19. Agar masyarakat tumbuh kesadarannya betapa pentingnya 3M+1T: menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” ungkap Kholid.

Advertisement

“Operasi tertib masker ini mengacu kepada sanksi sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Protokol Kesehatan, dalam Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif,” tambahnya

Kholid mengatakan, kegiatan operasi tertib masker telah menjaring warga masyarakat sebanyak 62 orang, yang diberikan sanksi sosial menyanyikan Indonesia Raya dan membacakan Pancasila, dan membagikan masker kepada warga yang melanggar aturan protokol kesehatan. Operasi gabungan akan terus dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan warga mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Rencananya operasi tibmask akan terus ditingkatkan dengan melakukan operasi dilakukan sampai ke tempat-tempat instansi-instansi pemerintahan wilayah Tenjolaya agar kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker terus dan meningkatkan protokol kesehatan, demi memutus penularan covid-19,” katanya.

Reporter: Asep Awaluddin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*