Tebing Sungai Batang Saman Terus Terkikis, Ancam Permukiman Warga

(dok. KM)
(dok. KM)

PASAMAN BARAT, SUMBAR (KM) – Aliran Sugai Batang Saman kian mendekati permukiman masyarakat Kampung Pasir Tampang akibat runtuhnya dinding tebing sungai akibat kerasnya terjangan air sugai. Keadaan tersebut sudah tentunya meresahkan warga Pasir Tampang, Jorong Pasir Bintungan, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, terutama yang bermukim di tepi sungai.

Salah seorang warga, Januari (43) mengatakan, mengaku sudah sangat resah dan khawatir dengan keadaan tebing sungai yang setiap harinya runtuh sediki- sedikit sehingga menbuat jarak sungai lebih kurang 3 meter dari pemukiman rumah penduduk.

“Dari hari ke hari, tebing Sungai Batang Saman ini terus runtuh dan sudah sangat dekat dengan pemukiman rumah warga, dulu rumah saya berada sekitar 50 meter dari tepi sungai, tapi sekarang rumah saya sudah berada di tepi sungai yang berjarak lebih kurang 3 meter lagi” kata Januari.

Advertisement

Ia berharap kepada pemerintah daerah dan OPD terkait untuk memperbaiki penahan tebing supaya tidak runtuh lagi.

Senada dengan tu Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin berharap kepada instansi terkait, baik itu Pemda Pasaman Barat maupun Pemprov Sumatra Barat untuk memberikan perhatian yang mendalam tentang hal ini.

Ia juga berharap agar masalah ini bisa ditindaklanjuti secepat mungkin agar tidak mengancam permukiman masyarakat dan jembatan.

“Kita berharap masalah ini cepat ditangani dan ditindaklanjuti oleh Pemda, karena bisa membahayakan masyarakat,” ujarnya.

Reporter: Dino
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*