Sungai Batang Bayang Meluap, Tenggelamkan Puluhan Rumah Warga Ujung Gading

Kondisi Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat, yang terendam luapan Sungai Batang Bayang, Jumat sore 4/9/2020 (dok. KM)
Kondisi Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat, yang terendam luapan Sungai Batang Bayang, Jumat sore 4/9/2020 (dok. KM)

PASAMAN BARAT, SUMBAR (KM) – Curah hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Batang Bayang akhirnya meluap, puluhan rumah warga di Jorong Irian dan Jorong Teluk Embun Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang terendam banjir dengan ketinggian nyaris menenggelamkan rumah-rumah tersebut, Jumat 4/9.

Menurut informasi dari masyarakat setempat, hujan mengguyur wilayah itu sekitar pukul 17.30 WIB.

“Hujan dengan intensitas tinggi sehingga membesarnya Sungai Batang Bayang dan akhirnya meluap hingga ke pemukiman penduduk,” katanya kepada awak media sore tadi melalui telepon selularnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah karena memang tidak ada harta benda yang dapat diselamatkan oleh warga.

Advertisement

“Bersyukur para warga kita bisa menyelamatkan diri dengan segera sebelum air nyaris menghilangkan rumah mereka,” ujarnya.

Warga bernama Randi itu menyampaikan bahwa hingga malam ini, belum ada dari dinas terkait ataupun Pemerintah Kecamatan yang turun ke lokasi.

“Kebutuhan mendesak warga saat ini adalah tenda dan sembako serta pakaian layak pakai,” pungkasnya.

Reporter: Dino
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*