Sopir Bus Miniarta Protes Lantaran Bansos Covid-19 Disunat Rp50 Ribu oleh Koperasi

Pool Bus Miniarta di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor (dok. KM)
Pool Bus Miniarta di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Para sopir bus Miniarta di Terminal Bus Baranangsiang, Kota Bogor, geram lantaran bantuan sosial (bansos) pandemi covid-19 yang seharusnya diterima secara utuh sebesar Rp600 ribu dipotong sebesar Rp50 ribu oleh pemilik bus. Jika menolak potongan ini, pemilik bus pun mengancam tidak akan membantu mencairkan bantuan tersebut.

“Saya baru satu kali mendapatkan bantuan, tetapi, mendapatkan potongan sebesar Rp50 ribu,” ungkap salah seorang pengemudi yang enggan disebut identitasnya kepada KM Rabu 23/9 di pool Terminal Bus Baranangsiang Kota Bogor.

Ia menjelaskan, pemotongan bantuan ini dilakukan oleh salah satu oknum dari Koperasi Angkutan Depok (KAD) Miniarta terhadap 30 orang sopir bus Miniarta dan pengurus serta timer.

“Yang saya tahu, hanya 30 orang yang mendapatkan bantuan tersebut, tetapi yang saya tahu ini, semuanya sopir yang ada di terminal Bus Baranangsiang sebanyak 300 orang,” kata dia.

Advertisement

Hal senada dikatakan oleh SS, yang bantuan sosialnya juga dipotong Rp50 ribu. “Kalau saya menolak, berarti saya tidak akan mendapatkan bantuan, bahkan, bantuan yang pertama tidak ada potongan, dan kedua serta yang ketiga kita dipaksa untuk menyerahkan pemotongan tersebut,” ujar SS.

Sementara itu, menurut narasumber lainnya, hampir semua pengemudi yang mendapatkan bantuan memang diberlakukan potongan ini. “Jadi, bantuan yang seharusnya hak buat pengemudi malahan, pemilik bus juga mendapatkannya,” katanya.

“Selain mendapatkan potongan, oknum koperasi juga mendapatkan bantuan juga yang secara mutlak Rp600.000. Bahkan, mereka juga mendapatkan potongan dari Rp50.000 yang diambil haknya dari si pengemudi,” tegas dia.

“Kami berharap terhadap pemerintah, atau yang mengurusi bantuan sosial pandemi covid-19 ini, agar tidak ada potongan, dan yang harus menerima haknya itu, khusus buat pengemudi saja,” tutupnya.

Reporter: Rajiv
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*