Reklame Videotron di Halaman Gedung DPD Golkar Sudah Berdiri Hampir Satu Tahun, Kepada Siapakah Izin Penyewaan Lahan?

Reklame Videotron di Gedung Partai Golkar Kota Bekasi di Jalan A Yani, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi (dok. KM)
Reklame Videotron di Gedung Partai Golkar Kota Bekasi di Jalan A Yani, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Setelah hampir satu tahun berdiri, pemberian izin bagi reklame videotron di halaman bekas kantor DPD Golkar Kota Bekasi masih “misterius”.

Hal ini lantaran bekas gedung DPD Golkar yang berlokasi di Jalan Jend Ahmad Yani, Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, ini belum lama ini ramai terkait polemik sengketa lahan yang dianggap tidak jelas kepemilikannya.

Adapun pembangunan reklame yang memakai lahan milik, pengusaha harus melengkapi persyaratan surat izin penyewaan lahan untuk rekomendasi teknis yang nantinya melakukan proses perizinan.

Saat dihubungi kupasmerdeka.com melalui pesan WhatsApp Rabu 23/9, kepala seksi pemanfaatan ruang jalan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Ronal, yang sebelumnya menjabat menjadi kasi reklame di DBMSDA pada tahun 2019, mengaku tidak punya kewenangan.

“Untuk penempatan berada di area tanah milik, dan bangunan konstruksi tidak mengganggu pengguna jalan, jadi untuk rekomendasi teknis dikeluarkan oleh PU nasional bila dipandang perlu. Kewenangan saya cuma hanya sebatas mengawasi dalam hal wajib pajak, kalau untuk terbit izin ada di PTSP untuk pendirian 2019,” kata Ronal.

Advertisement

Terpisah, Mursidi selaku Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Pembangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi waktu dimintai penjelasan melalui WhatsApp, Kamis (24/9), mengaku bahwa reklame tersebut sudah diproses perizinannya saat awal berdiri, namun belum diperpanjang.

“Kalau proses perpanjangan izin belum, karena LED nya mati dan juga belum ada iklannya yang tayang, permohonannya untuk proses perpanjangan izin belum masuk ke DPMPTSP, begitu bang,” terang Mursidi.

Sementara ketika ditanya terkait sewa lahan untuk reklame tersebut, ia tidak menjawab.

Reporter: Den
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*