Desa Majasari Cibogo Dapat Program Sandes Padat Karya Tahun 2020

Kantor Desa Majasari, Kec. Cibogo, Subang (dok. KM)
Kantor Desa Majasari, Kec. Cibogo, Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Kementerian PUPR mengalokasikan dana untuk membiayai program sanitasi desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 melalui program Sanitasi Perdesaan Padat Karya, yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal atau miskin yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja, dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting.

Desa Majasari, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, untuk tahun 2020 mendapatkan program tersebut sebanyak 55 titik dengan total anggaran sebesar Rp350 juta.

Rojali, warga RT 01/01 Desa Majasari saat ditemui mengatakan, sebagai warga atau penerima manfaat, dirinya “sangat bersyukur” dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah atas bantuannya.

Kepala Desa Majasari, Tati Hermawati juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan program Sandes padat karya yang “banyak membantu” warganya.

Advertisement

Sementara Usep Heryanto, Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) saat ditemui mengatakan, warga penerima program itu di antaranya ada ibu hamil, batita dan warga kurang mampu. Setiap warga yang menerima sandes padat karya ini akan dibuatkan septic tank, bak kontrol serta pembangunannya.

“Untuk sistem pencairan anggarannya itu dibagi tiga tahap yaitu dari tiga tahap untuk tahap satu dibagi tiga termin, tahap dua dibagi dua termin dan tahap tiga itu untuk sisanya dan sampai saat ini dari 55 titik yang dikerjakan itu baru mencapai 30%-an,” tegas Usep.

Reporter: Sunardi, Mulyadi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*