Komite Pemekaran: “Bogor Barat Berpotensi Jadi Lebih Maju dari Daerah Lain Setelah Dimekarkan”

Karang Taruna Kabupaten Bogor Gelar Diskusi
Karang Taruna Kabupaten Bogor Gelar Diskusi "Konspirasi Bogor Barat" di Villa Cijengkol Kabupaten Bogor, Minggu 27 September 2020 (dok. Hari Setiawan Muhammad Yasin/KM)

BOGOR (KM) – Karang Taruna Kabupaten Bogor menggelar diskusi bertajuk “Konspirasi Bogor Barat Dalam Fantasi” di Villa Cijengkol, Minggu 27/9 kemarin. Diskusi tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Komisi I Ruhiyat Nugraha serta Komite Pemekaran Bogor Barat.

“Jadi kami beserta jajaran DPRD Provinsi Jabar terus lakukan dorongan, karena masih ada penjaringan aspirasi untuk melengkapi di sidang paripurna pada 30 Oktober, agar DOB [Daerah Otonomi Baru] segera mendapat kejelasan,” kata Ruhiyat.

Ia menjelaskan, saat ini tinggal menunggu dari pencabutan moratorium DOB, karena warga Kabupaten Bogor bagian barat sudah “hampir frustasi” menunggu kejelasan DOB tersebut.

“Untuk ibu kota tetap di Cigudeg, berhubung wilayah Bobar banyak bencana, makanya sedang dikaji untuk dipindahkan ke Rumpin, tapi sampai saat ini masih di Kecamatan Cigudeg,” tambahnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor Irvan Drajat menuturkan, perlunya memahami tujuan adanya DOB dan proses perjalanan, karena digelarnya kegiatan ini bisa melanjutkan perjuangan dalam rangka percepatan DOB.

“Saat ini pak Nugraha sebagai Tim Pansus, dan rekomendasi agar didorong secepatnya, memang moratorium masih belum dicabut, hanya ada strategi lain, salah satunya jumlah penduduk yang banyak, menjadi salah satu acuan,” ungkap Irvan.

Advertisement

Irvan juga mengaku, dirinya akan melakukan diskusi di wilayah Dapil 4. Karena harus dirancang juga terkait investasi, yang merupakan salah satu bagian dalam menyiapkan infrastruktur ke depannya.

“Saya harap ke depan harus berjuang bagaimana merealisasikan daerah otonomi baru,” imbuhnya.

Ketua Komite Pembentukan Bogor Barat Yana Nurheryana menegaskan, Bogor Barat akan lebih maju ketimbang wilayah lain ketika sudah dimekarkan, karena banyak potensi yang lebih berkembang.

“Artinya semua harus disiapkan, dan peran serta masyarakat Bogor Barat sangat penting, jadi Pemkab harus terus mendorong percepatan DOB Bogor Barat,” sebut Yana.

Bahkan, ia mengungkapkan, Kabupaten Pangandaran adalah salah satu kabupaten “luar biasa” yang baru dimekarkan. “Artinya Bogor Barat bisa lebih maju ketika memang jadi dimekarkan,” katanya.

“Tentu perkembangan Bogor Barat tidak kalah dengan daerah lain, dari sektor wisata sampai sektor lainnya, bahkan perbatasan dengan provinsi sangat dekat jadi investasi bisa cepat masuk,” pungkasnya.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*