Warga Kampung Berani Pamarayan Keluhkan Bau Menyengat dari Limbah Kotoran Ayam PT. Malindo

Saluran air yang tercemar limbah kotoran ayam dari industri peternakan milik PT. Malindo di Pamarayan, Serang, Banten (dok. KM)
Saluran air yang tercemar limbah kotoran ayam dari industri peternakan milik PT. Malindo di Pamarayan, Serang, Banten (dok. KM)

BANTEN (KM) – Warga Kampung Berani, Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang yang berada di sekitar PT. Malindo di Jalan Raya Rangkas Bitung, mengeluhkan bau busuk menyengat yang menyebar dari saluran pembuangan limbah cair perusahaan tersebut.

Nelis, seorang warga setempat, mengatakan bahwa jika hari panas, usai turun hujan selalu timbul bau busuk yang sangat menyengat yang berasal dari saluran pembuangan limbah cair kotoran ayam PT. Malindo.

“Bau busuk dan menyengat berasal dari limbah cair PT. Malindo yang mengalir di saluran persis di belakang pemukiman warga. Saya memang awam tentang limbah, tetapi jika dilihat dari air limbah yang berwarna hijau atau hitam dan baunya yang menyengat di hidung dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap kesehatan warga Kampung Berani,” keluh Era, warga setempat lainnya.

Advertisement

“Saya kuatir limbah tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat, tetapi sebagai rakyat kecil, kami tidak tahu harus mengadu kemana,” ungkap Nelis kepada KM 24/8.

“Sepengetahuan saya, limbah cair kotoran ayam PT. Malindo dibuang pada malam hari, terutama pada saat hujan turun,” jelas dua warga tersebut.

Sementara itu melalui sekuritinya, pihak PT Malindo tidak bersedia ditemui ketika hendak dikonfirmasi terkait keluhan masyarakat tersebut.

“Warga berharap Pemerintah Kabupaten Serang Banten, khususnya Dinas terkait segera bertindak tegas cek ricek ke lokasi tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Pardi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*