Gedung Ruko dan Kontrakan Besar Ini Dibangun tanpa IMB, Klaim Pemilik dan Oknum Distaru Kota Bekasi Saling Bertentangan

Bangunan ruko dan kontrakan di Jalan Pahlawan, Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi (dok. KM)
Bangunan ruko dan kontrakan di Jalan Pahlawan, Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pembagunan ruko dan kontrakan di Jl. Pahlawan, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, diduga berlangsung tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Saat awak KM ke lokasi bagunan kontrakan itu Rabu 19/8 lalu, ditemukan bangunan tersebut dalam proses pembangunan dan tidak terlihat plang IMB di lokasi tersebut.

Widodo sebagai penanggung jawab bangunan mengaku bahwa izin “sudah kita urus” dan berkas sudah diserahkan ke “orang Tata Ruang.”

“Untuk pengurusan perizinan kita serahkan ke pegawai Distaru [beriinisial AR] yang ngurusin IMB.” paparnya.

Saat dimintai keterangan, AR menyatakan bahwa dirinya hanya membuat proses IMB untuk ruko, bukan kontrakan. “Dan saya baru tahu kalau dibelakangnya kontrakan,” kelitnya kepada KM.

Advertisement

Ironisnya, pembangunan ruko dan kontrakan yang diurus oleh oknum staf Distaru ini sudah hampir rampung, sedangkan perizinan masih tahap proses.

Menanggapi fenomena ini, Yanto Purnomo, Ketua Komunitas Peduli Bekasi mengatakan bahwa seharusnya, pemilik mengurus dulu perizinannya, barulah membangun, sesuai peraturan yang ada.

“Dinas Tata Ruang Kota Bekasi agar menghentikan dan mengevaluasi, karena diduga permohonan tidak sesuai dengan fakta di lapangan,” jelas Yanto.

Reporter: mon
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*