Tanpa Masker, Tanpa Tempat Cuci Tangan: Disdukcapil Tanjungbalai Abaikan Semua Protokol Pencegahan Covid-19

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai (dok. KM)
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungbalai (dok. KM)

TANJUNGBALAI (KM) – Gencarnya sosialisasi pemerintahan Kota Tanjungbalai dalam pemutusan mata rantai covid-19 ternyata tidak diindahkan oleh beberapa petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungbalai yang enggan mengenakan masker saat melayani masyarakat pada Kamis siang 9/7/2020.

Sikap dari beberapa petugas yang tidak menggunakan masker ketika bekerja ini tidak sejalan dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Keputusan Kemenkes itu menyatakan bahwa masker itu penting untuk digunakan di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada keadaan ataupun situasi pandemi covid-19.

Pemerintah pusat juga sudah mewacanakan penerapan fase new normal dengan Edaran Surat Menteri PANRB no 58 Tahun 2020 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait aturan juknis pedoman dalam ruang lingkup kerja dinas yang dilakukan di kantor maupun di rumah dalam menunjang ffektifitas dan fleksibilitas kerja dalam situasi pandemi covid-19.

Sementara itu aktivitas yang berlangsung di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungbalai jauh dari kesesuaian aturan protokoler kesehatan. Selain beberapa petugas tidak menggunakan masker, di depan kantor juga tidak terlihat bejana untuk cuci tangan, sabun ataupun hand sanitizer.

Advertisement

Terlihat juga masyarakat masuk secara leluasa tanpa adanya pengecekan suhu badan terlebih dahulu.

Saat masyarakat berada di dalam kantor terlihat juga duduk secara rapat, tidak ada petugas khusus yang mengimbau agar duduknya berjarak 1 meter sesuai panduan protokoler kesehatan, sehingga memungkinkan wabah virus apapun akan cepat menular.

Hendra, salah satu warga yang hendak berkunjung de Disdukcapil, menyesalkan kondisi tersebut. “Selaku masyarakat, sangat sesalkan tindakan beberapa petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tidak menggunakan masker. Hal ini lucu ketika masyarakat bersungguh-sungguh melaksanakan protokoler kesehatan, justru petugas seolah anggap enteng dalam masa covid-19,” ungkap Hendra.

“[Padahal pihak] Kepolisian selalu memberikan imbauan informasi pemakaian masker melalui poster digital di medsos dan spanduk pada titik-titik jalan protokol dalam upaya memutus mata rantai covid-19,” lanjutnya.

Ketika dimintai keterangan, Kepala Disdukcapil Tanjungbalai, Indra Halomoan, hingga berita ini ditayangkan, tidak memberi tanggapan.

Reporter: Gus
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*