PWI Kota Bogor Siapkan “Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian”

Logo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)
Logo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

BOGOR (KM) – Untuk melahirkan kader wartawan yang profesional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor segera menyelenggarakan Karya Latih Wartawan (KLW) atau yang kini bernamakan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) tahun 2020 untuk tingkat dasar.

Kegiatan tersebut, akan dilaksanakan di Bogor Valley Hotel, Jalan Sholeh Iskandar No. 5, Tanah Sareal, Kota Bogor pada Sabtu, 29 Agustus 2020 mendatang.

Kegiatan yang rencananya diikuti sebanyak 50 wartawan dari Kota Bogor ini bertujuan sebagai kaderisasi anggota baru bagi peserta OKK tingkat dasar.

Ketua Pelaksana OKK PWI Kota Bogor, Aldho Herman Indrabudi mengatakan, OKK merupakan program kerja PWI Kota Bogor dan menjadi representasi bagi wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Kota Bogor.

“Mudah-mudahan OKK ini bisa jadi daya ukur dalam hal peliputan bagi wartawan se-Kota Bogor, sekaligus untuk melatih dasar ilmu jurnalistik,” ujar Aldho, Senin 20/7.

Namun, setelah pihak panitia melakukan koordinasi dengan PWI Jawa Barat, lanjut Aldho, jumlah maksimal peserta OKK hanya 35 orang. Selain itu juga harus ada izin dari Pemda setempat dan wajib memperhatikan protokoler kesehatan.

Untuk persyaratan lainnya, peserta harus wartawan dari media yang berbadan hukum. “Ini hasil koordinasi dgn pengurus PWI Jawa Barat setelah mencermati petunjuk dari pusat,” ungkap Aldho.

Diakuinya, pelaksanaan OKK yang sudah disetujui PWI Jabar dan Kota Bogor itu menjadi pilot project bagi wilayah lain.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti menambahkan, sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers, PWI bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistik.

“OKK ini merupakan program PWI dan merupakan proses kaderisasi bagi anggota PWI di Kota Hujan. Berangkat dari OKK maka rekan-rekan calon anggota udah bisa mulai berorganisasi di PWI,” tutur pria yang akrab disapa Arie itu.

Arie juga mengatakan, wartawan merupakan profesi yang memilki martabat, sehingga sebagai seorang pencari berita, wartawan harus tergabung dengan salah satu organisasi profesi yang memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers.

Menurut Ari, sebagai seorang pencari berita, wartawan harus jelas memilih organisasi resmi, salah satunya adalah PWI yang telah memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers.

“Tergabung dalam organisasi wartawan ini supaya wartawan punya kepastian hukum ketika ada masalah,” pungkasnya.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*