Karang Taruna Desa Lumpang Parungpanjang Agendakan Pengembangan Potensi Pertanian dan Budidaya Penyuntikan Ikan Lele

BOGOR (KM) – Desa Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, mengukuhkan ketua Karang Taruna periode 2020-2025, Mukron Sukroni atau yang biasa disapa Roni, pada Sabtu malam.

Keberhasilan Roni menggalang dukungan di antara para pemuda di desa itu utamanya didorong oleh sejumlah gagasannya yang inovatif dalam upaya memajukan masyarakat desa.

“Ke depannya Karang Taruna Desa Lumpang akan membuat budidaya penyuntikan ikan lele dan pengajian rutin 1 bulan sekali, dan untuk saat ini sudah mengembangkan pusat ketahanan pangan yang bertempat di RT 01 RW 02,” ujar Roni kepada KM kemarin.

“[Lokasi] itu menjadi pusat pertanian, kedepannya ya mungkin untuk sistem penerapan awal kita akan terapkan di situ, sekarang bisa dimulai dari pohon kangkung, pohon laja dan kemungkinan juga kita akan budidaya penyuntikan ikan lele, yang pusatnya sama lokasinya di situ masih di RT 01 RW 02, dan rencannya akan mengagendakan pengajian rutin satu bulan sekali untuk mempererat kepengurusan di tingkat desa dan di tingkat unit,” jelasnya.

Di tempat bersamaan, Sekretaris Desa Lumpang Moh. Raka Nuangsa Agtias Bagus Sandiar selaku mantan Ketua Karang Taruna Tunas Perkasa periode sebelumnya, mengucapkan selamat atas terpilihnya ketua karang taruna beserta jajaran dan selamat bekerja dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya selaku mantan ketua Karang Taruna Desa Lumpang mengucapkan selamat kepada Ketua Karang Taruna Desa Lumpang terpilih Mukrom Sukroni untuk periode tahun 2020 – 2025, saya berpesan kepada ketua dan pengurus Karang Taruna Desa Lumpang agar selalu kompak dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh pemerintah Desa Lumpang, dan pesan saya yang kedua tetap berjuang dan bekerja menjalankan tugas dan fungsinya tanpa pamrih, karena tugas dan fungsi Karang Taruna adalah membantu pemerintah desa dalam kegiatan yang diadakan di masyarakat” ucap Raka.

Advertisement

Hal Senada diungkapkan Kepala Desa Lumpang M. Rodis Faisal yang berharap Karang Taruna bisa bersinergi dengan pemerintah Desa Lumpang.

“Terkait pelantikan Karang Taruna kali ini, saya berpesan kepada seluruh anggota Karang Taruna tingkat desa yang pertama yaitu bersinergi dengan pemerintah desa dan yang paling utama adalah membantu kegiatan semua yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Lumpang, bahkan, fokus Karang Taruna yang baru adalah karena sekarang berkaitan dengan pandemi covid-19 dan ulang tahun desa, jadi 2 kegiatan ini saya gabungkan, untuk bisa memberikan santunan atau bakti sosial untuk seluruh masyarakat Desa Lumpang yang kategorinya yaitu yatim piatu, janda dan jompo” ungkap Rodis.

“Tujuan utama Karang Taruna harus bisa memulihkan perekonomian di tingkat desa dan alhamdulillah sekarang sudah bisa melaksanakan kegiatan yaitu pertanian Taruna Tani Desa Lumpang,” tambahnya.

Semantara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Parungpanjang Medi Susanto memberikan pesan kepada generasi muda di Karang Taruna Desa Lumpang, untuk sesering mungkin membuat agenda penyuluhan narkoba.

“Harapan saya kepada pengurus Karang Taruna Desa Lumpang Roni dan jajaran, mudah-mudahan satu bersinergi melalui pemerintahan desa dan semua lembaga yang ada di desa lumpang, Kepala Desa, BPD, LPM, PKK, Kadus, RT, RW, kemudian kedepannya, pelan-pelan teman-teman di Desa Lumpang khususnya, untuk sering mengadakan pelatihan-pelatihan atau penyuluhan terkait masalah di pemuda yaitu narkoba, karena kasus ini sangat menghkawatirkan khususnya di Parungpanjang ini,” pesan Medi.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*