AKMINDO Cetuskan Kursus Jurnalistik Gratis Untuk Umum di Bandung dan Subang

Pendiri YSKPP, Muhammad Ridwan (dok. KM)
Pendiri YSKPP, Muhammad Ridwan (dok. KM)

SUBANG (KM) – Pada pertengahan bulan ini, Akademi Menulis Indowarta (AKMINDO) akan melaksanakan pelatihan menulis dan jurnalistik angkatan pertama di Bandung dan Subang, bertepatan dengan peluncuran AKMINDO.

Pelatihan ini bertujuan “melahirkan calon jurnalis dan penulis profesional”, dan mulai digelar tanggal 17 Juli 2020, menurut pendiri Yayasan Sosial dan Kesejahteeaan Pekerja Pers (YSKPP), Muhammad Ridwan.

“Kami segera melaksanakan pelatihan ini di Bandung dan Subang bulan Juli ini dengan tujuan memiliki lembaga yang melahirkan wartawan dan penulis, di sana dilatih soal jurnalisme, teknik menulis, teknik wawancara, teknik merilis dan semua yang terkait dengan tulis menulis teori dan praktek,” tegasnya.

Dia juga mengatakan bahwa untuk angkatan pertama akan dimulai pada tanggal 16 Juli 2020 dengan pelajaran 3 kali dalam seminggu. Peserta sudah ada 8 orang, yang terdiri dari 4 orang mahasiswa dan 4 orang lagi masyarakat umum. “Dan semuanya di bawah usia 30 tahun,” ungkapnya.

Sementara itu Indowarta juga melakukan pelatihan singkat atau kursus jurnalistik dasar bagi wartawan yang sudah bekerja di media-media online dan cetak.

“Bagi yang sudah bekerja di media juga diberikan kesempatan untuk terus memperbaiki kualitas sdm kewartawanannya dengan mengikuti kursus singkat jurnalistik Akademi Indowarta dengan waktu 1 minggu 1 kali, artinya ada keluasan waktu,” ungkapnya lagi.

Advertisement

Terkait pembiayaan mengikuti kursus jurnalistik, untuk angkatan 1 hingga 3 tidak dipungut biaya. “Tujuan kita ingin melahirkan dan penulis handal serta memperbaiki kualitas jurnalis yang sudah ada, untuk angkatan pertama ini kami gratiskan,” jelasnya.

Di Indowarta Group sendiri semua wartawan non redaktur diwajibkan memiliki sertifikat lulus Akademi, khususnya bagi wartawan muda, sedangkan yang akan bergabung dengan media di Indowarta Group, wajib mengikuti kursus atau pelatihan di AKMINDO dulu.

Akademi Menulis Indowarta merupakan lembaga di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Sosial Pekerja Pers, dengan tujuan memberi pelatihan jurnalistik kepada siapa saja yang membutuhkan dari kalangan pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum.

Pelatihan pun dilakukan secara langsung di kantor media Indowarta Group atau ditempat-tempat yang ditunjuk, selain itu dilakukan secara online bagi peserta pelatihan yang berada di luar Jawa Barat dengan instruktur dari internal dan kalangan pers profesional.

Reporter: Sunardi/Mulyadi.
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*