Banyak SMP Negeri yang Kuota Siswanya Belum Terpenuhi, PPDB Diperpanjang Sampai 1 Agustus

Kepala Bidang Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan Tanjungbalai, Dahnial (dok. KM)
Kepala Bidang Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan Tanjungbalai, Dahnial (dok. KM)

TANJUNGBALAI, SUMUT (KM) – Beberapa SMP Negeri di Kota Tanjungbalai masih menerima peserta didik sampai bulan Agustus. Hal ini disebabkan belum terpenuhinya target peserta didik baru untuk tahun ajaran 2020/2021 untuk beberapa SMP Negeri yang ada di Tanjungbalai.

Kekurangan peserta didik baru ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (DIKDAS), Dahnial, kepada wartawan Senin 6/7 saat ditemui di ruang kerjanya.

Kepada wartawan Dahnial memaparkan bahwa setelah dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP, sampai saat ini masih ada beberapa sekolah yang belum terpenuhi kuotanya.

“Saat ini cuma SMP Negeri 1, SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 6 yang kuotanya terpenuhi. Yang masih kekurangan siswa antara lain SMP Negeri 2 sebanyak 76 orang, SMP Negeri 4 sebanyak 31 orang, SMP Negeri 5 sebanyak 3 orang, SMP Negeri 7 sebanyak 32 orang, SMP Negeri 8 sebanyak 97 orang, SMP Negeri 9 sebanyak 49 orang, SMP Negeri 10 sebanyak 66 orang, SMP Negeri 11 sebanyak 48 orang, SMP Negeri 12 sebanyak 87 orang, SMP Negeri 13 sebanyak 17 orang, dan SMP Negeri 14/Satu Atap sebanyak 47 orang,” papar Dahnial.

Advertisement

“Pendaftaran PPDB mulai tanggal 22 s/d 27 Juni 2020. Pengumuman tanggal 27 Juni 2020. Daftar ulang, tanggal 29 s/d 30 Juni 2020. Untuk jenjang SMP 4 jalur yaitu jalur zonasi 65%, jalur prestasi 15%, jalur afirmasi 15% dan jalur pindah tugas orang tua 5%, sesuai daya tampung masing-masing sekolah,” lanjutnya.

Dahnial juga menyampaikan, untuk beberapa SMP Negeri yang kuotanya masih belum penuh, masyarakat masih bisa mendaftarkan anaknya sampai Agustus mendatang, termasuk untuk masyarakat Asahan yang domisilinya dekat dengan sekolah-sekolah tersebut.

“Untuk yang kuotanya belum penuh, masih diterima peserta didik baru sampai Agustus, termasuk warga Asahan yang dekat dengan sekolah-sekolah tadi, setidaknya sampai Agustus ini,” pungkas Dahnial.

Reporter: RBB
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*