Susah Dapatkan Sinyal Internet, Siswa Kaur Kerjakan Soal Ulangan Nasional di Pinggir Jalan Dan Semak-Semak

Siswa di Kaur, Bengkulu, mengerjakan soal Ulangan Nasional di pinggir jalan raya guna mendapatkan sinyal dan akses internet.
Siswa di Kaur, Bengkulu, mengerjakan soal Ulangan Nasional di pinggir jalan raya guna mendapatkan sinyal dan akses internet.

KAUR, BENGKULU (KM) – Di tengah pandemi virus corona, aktivitas sekolah diliburkan. Untuk mengikuti program belajar mengajar serta ujian dan ulangan nasional kenaikan kelas, para siswa mengerjakan dari rumah masing-masing, melalui program televisi atau internet. Namun itu menjadi kendala bagi para siswa dan siswi di wilayah Provinsi Bengkulu, khususnya bagi yang tinggal di daerah dengan akses internet dan sinyal ponsel yang kurang baik.

Hal ini terjadi di wilayah pedesaan Babat, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, dimana para siswa dan siswi dalam mengikuti ulangan nasional secara online terpaksa mengerjakan soal di pinggir jalan dan semak belukar guna mencari sinyal dan akses jaringan internet yang lebih baik.

Sebagaimana dirilis oleh media lokal kilasbengkulu.com siang ini 4/6, banyak siswa dan siswi berjejer di dekat semak–semak pinggir jalan, tentunya dengan penuh resiko, karena kendaraan roda empat dan dua berlalu lalang melintasi jalan tersebut.

Seorang siswa yang tidak mau namanya ditulis menuturkan bahwa dirinya bersama teman-teman terpaksa mengerjakan soal ulangan nasional di sawangan dekat semak–semak pinggir jalan, karena di rumah dan desanya kesulitan mendapatkan sinyal handphone atau internet.

Advertisement

“Karena di rumah kesulitan mendapatkan sinyal handphone, sedangkan dalam menyelesaikan soal ulangan kami dikejar oleh waktu, maka kami menyelesaikan soal ulangan di sini pak,” jelas salah satu siswa.

“Harapan kami kepada pihak pemerintah yang sekarang, maupun pemerintah Kabupaten Kaur yang baru nantinya, untuk dapat mencarikan solusi agar semua wilayah Kabupaten Kaur tidak kesulitan mengakses sinyal handphone.”

“Saat ini adalah teknologi digital salah satunya teknologi informasi melalui HP sangatlah penting. Kadang-kadang kami terlambat mendapat informasi dari guru akibat HP tidak ada sinyal. Harapan kami pihak pemerintah Kabupaten Kaur, khususnya Dinas Kominfo, dapat memberikan solusi terhadap masyarakat dalam mengakses kemardekaan informasi. Mengingat saat ini anak sekolah setingkat SD, SMP dan SMA sederajat masih dalam tahapan ulangan secara online dan ini adalah generasi penerus bangsa,” tutup siswa tersebut.

Reporter: TH
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*