Santika Indonesia Hotels & Resorts Siap Buka Kembali Unit Hotel Dengan Protokol “New Normal”

Hotel Santika (Istimewa)
Hotel Santika (Istimewa)

JAKARTA (KM) – Rencana Pemerintah untuk melonggarkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang saat ini diterapkan di sekitar 18 daerah di Indonesia guna mencegah penyebaran wabah covid-19 mendapat respon positif dari kalangan dunia usaha.

Bak gayung bersambut, saat ini, berbagai bidang usaha telah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi era baru atau yang disebut sebagai new normal, yaitu prosedur operasional baru yang akan diterapkan agar bisnis dapat berjalan dengan aman dan nyaman baik bagi para pelanggan maupun karyawan.

Santika Indonesia Hotels & Resorts termasuk yang akan segera membuka kembali unit-unit hotelnya yang telah ditutup sementara semenjak wabah covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu.

L. Sudarsana, General Manager Business Development & Marketing Communication Department dari Santika Indonesia Hotels & Resorts mengatakan bahwa sebanyak kurang lebih 80 unit hotel akan kembali dibuka secara berkala mulai tanggal 4 Juni 2020.

“Kami mempersiapkan pembukaan hotel kami dengan menerapkan SOP baru. Seperti untuk tamu, kami tidak hanya mengukur suhu tubuh dan mewajibkan mereka untuk menggunakan Hand Sanitizer sebelum memasuki lobby hotel, tetapi kami juga akan menyemprot bagian telapak dari alas kaki mereka dan roda pada koper yang dibawa,” jelas Sudarsana melalui siaran Pers yang diterima KM kemarin 3/6.

Sudarsana juga menyatakan bahwa tamu yang dijemput di bandara akan diberikan satu set alat kesehatan seperti masker dan juga rubber hand gloves. Satu set alat kesehatan pun juga akan disediakan di Front Office

Advertisement
untuk dikenakan tamu hotel saat melakukan proses check in.

Lebih lanjut disampaikan Sudarsana, bahwa untuk sementara sarapan pagi akan disediakan dalam bentuk box, menu yang dapat dipesan tertera pada door knob untuk digantung di depan pintu. Bagi karyawan Santika Indonesia Hotels & Resorts juga diterapkan standar baru sebelum melakukan kontak dengan tamu.

Santika Indonesia Hotels & Resorts juga akan mengadakan rapid test coronavirus secara masal bagi seluruh karyawannya sebelum hotel mulai dioperasikan kembali.

“Sebelum masuk hotel, karyawan akan dicek suhu tubuhnya. Untuk seragam akan selalu dicuci setiap hari dan karyawan diwajibkan untuk mandi saat sampai di hotel dan setelah selesai bekerja. Kami juga mewajibkan karyawan yang berhubungan langsung dengan tamu seperti Front Office dan Housekeeping untuk menggunakan face shield setiap saat,” papar Sudarsana.

“Untuk fasilitas yang digunakan bersama seperti restoran, kolam renang dan gym untuk sementara tidak dapat digunakan hingga satu bulan kedepan selama uji coba SOP new normal ini dijalankan,” pungkas Sudarsana.

Saat ini, Santika Indonesia Hotels & Resorts telah mengelola lebih dari 100 unit hotel dengan 7 brand utama: The Samaya dan The Kayana sebagai Boutique Villa, The ANVAYA sebagai hotel berbintang 5, Hotel Santika Premiere sebagai hotel berbintang 4, Hotel Santika berbintang 3, Kampi Hotel sebagai instagenic hotel berbintang 3 dan Amaris Hotel sebagai smart hotel.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*