Polres Bogor Gandeng Petani Kopi di Pelosok Sukamakmur untuk Kembangkan Produk “Copsfee”

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy di kebun kopi di pelosok KEcamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Sabtu 6/6/2020 (dok. KM)
Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy di kebun kopi di pelosok KEcamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Sabtu 6/6/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy bersama Kapolsek Sukamakmur Iptu Isep Sukana dan Danramil Jonggol beserta jajaran Muspika mengecek kondisi faktual ketahanan pangan di desa terpelosok, Sabtu 6/6.

Memang tak biasanya seorang Kapolres rela naik bukit, menerabas hutan dengan menggunakan sepeda motor trail dalam melakukan kunjungannya. Namun ada yang berbeda dalam kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh Kapolres Bogor ini.

“Yang pertama saya ingin tahu mengenai kondisi geografis dan Kamtibmas masyarakat kabupaten Bogor khususnya yang tinggal di desa pelosok seperti Mulyasari ini, menyikapi ada atau tidaknya dampak dari pandemik covid-19. Yang kedua saya ingin memberikan bantuan sembako berupa berupa beras kepada masyarakat yang ada di Kampung Mulyasari ini,” ujar Kapolres.

“Selain itu juga saya ingin menyampaikan bahwa saat ini Polres Bogor telah melakukan kerjasama antara kelompok tani dan Primkoppol, dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat perdesaan, melalui budidaya dan pengolahan produk kopi kemasan yang kami namakan Copsfee,” sambungnya.

Pihaknya juga turut memberikan bantuan berupa 1 unit mesin huller kopi untuk mendukung para warga masyarakat yang mayoritas sebagai pekebun kopi dalam pengolahan pasca panen kopi.

“Kita semua sudah mengetahui bersama bahwa akses jalan menuju ke Kampung Mulyasari ini cukup terjal dengan jalan tanah berbatu dan licin, juga jalan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Dan dengan adanya kerjasama ini tentunya para petani dimudahkan dalam proses pemasaran hasil kebunnya,” kata Roland.

“Kami berharap semoga langkah kecil yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat serta kebaikan bagi warga masyarakat lainnya,” tuturnya.

Kapolres Bogor juga mengutarakan bahwa pemasaran olahan kopi yang dilakukan ini turut dibantu oleh PT. Kemenady Industri Mandiri Bogor, dan sudah juga dijual dalam minuman siap saji di gerai-gerai coffee shop Kemenady. “Dan akan segera kami sediakan juga di Food Court Polres Bogor melalui Primkoppol,” tutupnya.

Reporter: Budi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*