Ini 7 Kebijakan DPR Papua Khusus Penanganan Covid-19

Anggota DPR Papua Laurenzus Kadepa (ist)
Anggota DPR Papua Laurenzus Kadepa (ist)

JAYAPURA (KM) – Sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian antra sesama masyarakat Papua di tengah pandemi virus corona covid-19, DPR Papua sudah mengambil kebijakan melalui rapat seluruh DPR Papua (DPRP) yang dipimpin oleh Ketua DPRP Johnny Banua Rouw.

Anggota DPRP Laurenzus Kadepa mengatakan bahwa pengambilan kebijakan khusus penanganan pandemi virus corona ini terlebih dahulu sudah dibicarakan dengan seluruh Anggota DPRP. “Kebijakan yang nantinya akan kami jalankan di tengah covid-19 yang menggila dunia,” kata politisi Nasdem ini dalam rilis pers yang diterima wartawan pada Kamis 30/4 lalu.

Legislator itu memaparkan tujuh kebijakan DPR Papua khusus penanganan covid-19, yakni:

Pertama, Pemotongan anggaran dari DPA DPR Papua sebesar 20 miliar dalam rangka membantu penanganan Covid19 di Provinsi Papua.

Kedua, DPR Papua telah mendorong Pembagian Dana Provinsi ke Kabupaten. Kabupaten yang dirujuk menjadi pusat penanganan covid-19, seperti Wamena, Merauke, Timika, Nabire, Kab Jayapura, Kota Jayapura, masing-masing mendapatkan Rp 5 miliar, dan kabupaten lainnya masing-masing mendapatkan dana sebesar Rp 2 miliar.

Ketiga, DPR Papua telah mendorong pendistribusian APD ke seluruh kabupaten, yang awalnya rencana distribusi APD hanya ke RSUD Dok 2 Jayapura, dan RSUD Abepura.

Advertisement

Keempat, DPR Papua telah bekerja sama dengan SOLPAP dan KAPP Papua, mendorong bantuan bama untuk mama- mama Papua di Jayapura, dan mendorong mama-mama Papua agar mendapatkan dana dari Pemprov Papua sebesar Rp 1.500.000 per-orang dalam satu bulan selama masa social distancing berlaku.

Kelima, DPR Papua telah berupaya membantu bama [bahan makanan] ke beberapa tempat terkena dampak covid-19 di Kota Jayapura, Kab. Jayapura, dan Kerom.

Keenam, DPR Papua bersama FKUB provinsi Papua sedang mendorong agar para hamba-hamba Tuhan yang terkena dampak Covid-19 agar mendapatkan bantuan dana dari Provinsi.

Ketujuh, DPR Papua akan mendorong bantuan alat kerja (parang, sekop dll) bagi masyarakat Papua untuk mewujudkan ajakan berkebun oleh pemerintah daerah.

“Semoga beberapa kebijakan yang telah diambil DPR Papua dapat membantu masyarakat luas dan kami pun membutuhkan saran, masukan juga kritikan dari semua pihak demi tercapainya kepentingan kita bersama yaitu selamat dari pandemi covid-19 di Provinsi Papua,” pungkasnya.

Reporter: Ernest
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*