Sekwil Karang Taruna Kabupaten Bogor Sayangkan Minimnya Peranan Tim Fasilitator TJSL di Saat Krisis COVID-19

Jalan Tegar Beriman, Cibinong
Jalan Tegar Beriman, Cibinong (stock)

BOGOR (KM) – Tim fasilitator Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor belum menunjukkan kinerja yang konkret untuk masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Wilayah (Sekwil) V Karang Taruna Kabupaten Bogor, Alfian Fahlevi.

“TJSL Kabupaten Bogor yang telah dibentuk oleh Pemkab Bogor memiliki peranan penting dalam mengorganisir gerakan sosial. Apalagi saat terjadi bencana wabah corona atau covid-19 seperti sekarang,” ungkap Alfian kepada KM, Minggu 5/4.

“Seharusnya TJSL menunjukkan kinerja primanya di saat masyarakat membutuhkan bantuan, seperti sekarang ini. Sebab memang itulah fungsinya,” tambah Alfian.

Alfian menuturkan, tim fasilitator TJSL bisa mendorong CSR setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor, agar tersalurkan untuk bantuan kepada masyarakat.

“Saat ini masyarakat Kabupaten Bogor khususnya, sangat membutuhkan bantuan ekonomi, untuk rumah tangga miskin yang terdampak oleh wabah corona. Di sini, TJSL bisa mengambil peran untuk meringankan bebannya,” tutur Alfian.

Namun, lanjut Alfian, sebulan berjalan wabah virus ini, di mana pemerintah meminta masyarakat diam di rumah, tim TJSL ini belum terlihat gerakan konkritnya.

“Jangan sampai fokus TJSL mendorong CSR perusahaan hanya untuk pembangunan infrastruktur. Tapi, sekarang alangkah lebih baiknya dana CSR perusahaan didorong oleh tim fasilitator TJSL agar disalurkan untuk bantuan kebutuhan logistik rumah sakit, alat pelindung diri tenaga medis, masker, dan bantuan ekonomi masyarakat terdampak. Untuk apa tim TJSL dibentuk kalau fungsinya tidak maksimal?” pungkas Alfian.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*