Pemkab Purworejo Janjikan Penghasilan Tetap Bagi Perangkat Desa Cair Bulan Ini

Agus Ari Setyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purworejo (dok. KM)
Agus Ari Setyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purworejo (dok. KM)

PURWOREJO (KM) – Para perangkat desa (Perdes) di Kabupaten Purworejo akhirnya bisa bernapas lega karena akan mendapatkan penghasilan tetap (siltap) yang bersumber dari APBD, setelah turunnya regulasi dari Pemerintah Pusat. Setelah menunggu sejak awal 2020 lalu, siltap itu bisa dicairkan mulai bulan ini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purworejo Agus Ari Setyadi di Purworejo pada hari Selasa 14/4.

“Siltap memang saat ini belum ada yang cair, karena ada perubahan regulasi dari pusat yang berdatangan silih berganti. Tapi sekarang sudah clear, Insya Allah bulan ini bisa cair semua bila desa-desa telah mengajukan permohonan pencairan,” katanya.

Adapun besaran siltap yang akan diterima oleh Kepala Desa dan Perangkat desa, setara dengan gaji pegawai negeri sipil (PNS) golongan IIA.

Advertisement

“Untuk angka pastinya saya tidak begitu hapal karena ada angka pecahan, secara garis besar untuk Kades sekitar 2,4 juta, Sekdes 2,2 juta, perangkat desa lainnya 2 jutaan lebih sedikit,” terangnya.

Di Kabupaten Purworejo, terdapat 5.180 orang sebagai penerima siltap, baik itu berstatus Kepala Desa, Sekretaris dan perangkat desa lainya.

“Siltap adalah gaji maka harus mengajukan permohonan dulu untuk pencairannya. Mekanismenya diajukan lewat camat untuk diverifikasi kemudian diteruskan ke Dinpermasdes untuk dicek kelengkapan berkas kemudian diteruskan ke BPPKAD untuk pencairannya,” pungkasnya.

Reporter: evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*