Kelurahan Mekar Jaya Rampung Bentuk Kampung Siaga di 31 RW, Pemkot Segera Cairkan Dana Insentif

Kampung Siaga Covid-19 di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok (dok. KM)
Kampung Siaga Covid-19 di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok (dok. KM)

DEPOK (KM) – Lurah Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Zainal Arifin, menyatakan sejak dimulai tanggal 1 April 2020, saat ini pembentukan Kampung Siaga Covid-19 di 31 Rukun Warga (RW) di wilayahnya telah 100% terbentuk. Zainal mengatakan bahwa pada saat terbentuk satgas, masyarakat juga ikut aktif dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengikuti anjuran Pemerintah untuk tetap berada di rumah saja.

Dirinya juga mengapresiasi partisipasi warganya dalam kegiatan penyemprotan disinfektan, baik secara pribadi di rumah masing-masing maupun dalam pelaksanaan penyemprotan skala yang lebih besar di tingkat RT/RW.

“Kita juga menghimbau masyarakat agar tidak kumpul bergerombol, mengadakan keramaian seperti hajatan, menghimbau untuk menghentikan sementara salat Jumat atau ibadah agama yang lain. Alhamdulillah himbauan-himbauan tersebut dapat dilaksanakan,” ujar Zainal.

“Malah karena situasi, saat ini terjadi komunikasi yang lebih transparan antara warga dan satgas covid tingkat RW, khususnya yang mengalami gejala ke arah covid, keluarga terdekat menyampaikan hasilnya. Terus juga menumbuhkan kepedulian para donatur untuk membantu warga yang terdampak,” lanjutnya.

Advertisement

Terkait dana insentif kampung siaga yang dijanjikan Pemkot Depok senilai Rp3 juta per RW, hingga saat ini belum ada tindak lanjut realisasinya. Hal tersebut disampaikan oleh beberapa petugas RW diantaranya RW 08 Kelurahan Mekar Jaya.

“Saya dapat kabar katanya ada dana 3 juta dari Pemkot untuk siaga covid seperti disinfektan, tempat cuci tangan dan lain-lain. Sampai sekarang belum tahu perkembangannya,” ujar pengurus RW 08 Kelurahan Mekar Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Depok, Sri Utomo, saat dikonfirmasi KM siang ini 14/4 mengatakan bahwa hal tersebut sudah dirapatkan kemarin dengan para camat dan diharapkan hari ini dana insentif bisa turun ke kecamatan.

“Iya kemarin pak Dudi dan kawan-kawan rapat dengan para camat, mudah-mudahan hari ini turun ke Camat,” ujar Sri Utomo.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*