Diduga Belum Kantongi IMB, Indomaret di Bekasi Jaya Sudah Beroperasi

Gerai Minimarket Indomaret di Jl. KH. Mas Mansyur, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur (dok. KM)
Gerai Minimarket Indomaret di Jl. KH. Mas Mansyur, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur (dok. KM)

BEKASI (KM) – Maraknya minimarket di Kota Bekasi yang sejatinya harus mematuhi peraturan ternyata hanya isapan jempol saja, sebab masih banyak yang diduga menabrak aturan. Seperti salah satu gerai Indomaret yang berada di Jalan KH. Mansyur 2 RT 005/002 Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Gerai Indomaret yang baru buka kurang lebih seminggu itu diduga belum mengantongi izin yang lengkap, diketahui dari surat pemberitahuan yang ditempel di depan bangunan saat proses pembangunan, yang mana hanya surat tanda terima dari Dinas Tata Ruang melalui pengawas bangunan Dedi.

Saat dihubungi KM terkait hal tersebut Dedi mejelaskan dan membenarkan bahwa memang benar dirinya yang mengurus, dan masih proses pembuatan IMB. Ia juga mengklaim bahwa di Kota Bekasi “banyak bangunan yang belum memiliki izin”, katanya kepada KM, Rabu 12/2.

Menanggapi hal tersebut, pemerhati Kota Bekasi Fahdi menilai bangunan itu sudah melanggar Perda Nomor 4 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan dan retribusi IMB.

“Banyak kasus seperti ini di Kota Bekasi diduga karena lemahnya sistem pengawasan dari Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, sehingga para pengusaha atau masyarakat semaunya membangun tanpa mengurus IMB terlebih dahulu sebelum membangun,” ujarnya

Untuk itu, lanjut Fahdi, dirinya berharap Dinas Tata Ruang Kota Bekasi agar bertindak lebih tegas kepada bangunan minimarket. “Agar mematuhi peraturan daerah Kota Bekasi yang sudah ditetapkan payung hukumnya,” pungkasnya.

Reporter: mon
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*