Pemdes Cijambe Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2021, Arahkan Alokasi Anggaran untuk Infrastruktur Pendidikan

Kades Cijambe H. Didin Saepudin saat mimpin Rapat Musrenbangdes di gelar di gedung aula BPD Desa Cijambe Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang (dok. KM)
Kades Cijambe H. Didin Saepudin saat mimpin Rapat Musrenbangdes di gelar di gedung aula BPD Desa Cijambe Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2021 Desa Cijambe Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang di gelar di gedung Aula BPD Desa Cijambe, serta di hadiri muspika Kecamatan Kepala UTD Puskesmas Tanjungwangi Babinsa, Bhabinkantibmas, tokoh masyarakat, BPD, LPM, tokoh pemuda dan seluruh jajaran Pemdes Cijambe, Rabu 15/1/2020.

Kepala Desa Cijambe Didin Saepudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbangdes adalah forum musyarawarah agenda tahunan dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan pembangunan tahun anggaran 2021, sekaligus mebagikan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada perangkat dan anggota kemasyarakatan desa secara simbolis.

“Untuk itu kepada semua perangkat desa, khusunya Kadus, serta seluruh lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dan mitra Kepala Desa yang nantinya akan dipandu oleh Sekretaris Desa, untuk melakukan musyawarah bersama-sama serta menentukan prioritas program kegiatan berdasarkan kewenangan desa, baik kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat sebagai bahan Forum Musrenbang tingkat kecamatan, yakni berupa daftar skala prioritas melalui APBDes yang diusulkan ke kecamatan, kabupaten dan ke tingkat provinsi,” ucapnya.

Didin juga menambahkan, optimalisasi pembangunan untuk mewujudkan “desa yang maju, mandiri dan sejahtera” dengan lima capaian program yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki iptek dan imtak, meningkatkan derajat kualitas hidup masyarakat, menjaga kelestarian lingkungan hidup, menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan, serta meningkatkan infrastruktur dalam rangka peningkatan ekonomi. “Kelima program kegiatan tersebut dijabarkan dalam tiga kewenangan Pemdes yakni fisik, ekonomi dan sosial budaya; pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum; dan penataan ruangan serta kawasan pemukiman,” katanya.

PLT Camat Cijambe Gandi Sugandi melalui Kasi Kesos Edi Sudrajat menjelaskan, acara Musrenbangdes ini merupakan arahan dari Dispemdes Kabupaten, bahwa untuk Musrenbang tahun anggaran 2021 itu dialokasikan untuk fisik infrastruktur pendidikan. “Kenapa untuk infrastruktur pendidikan? Perlu kita ketahui bahwa pembangunan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Cijambe itu banyak yang sudah tidak layak huni,” ujar Kasi Kesos.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa pemerintah daerah mengarahkan kepada infrastruktur pendidikan, setelah sebelumnya dialokasikan ke jalan lingkungan. “Untuk saat ini lebih mengarah ke pemberdayaan untuk fisik pendidikan dan untuk tahun anggaran 2021 ini lebih banyak dialokasikan ke pemberdayaan, yakni pendidikan diharapkan besar anggaran minimal di angka Rp50 juataan, sementara untuk dana kewilayahan dalam 1 kecamatan itu sebesar Rp3 miliar, 1 miliar untuk pembangunan kecamatan dan 2 miliar lagi dibagi ke 8 desa, itu anggaran tahun lalu,” jelasnya.

“Untuk tahun 2021 ini besar anggaran yang turun itu belum ada kabar berapa anggarannya yang turun ke Kecamatan Cijambe, naik atau turunnya anggaran tersebut belum ada informasi, dan perlu saya sampaikan bahwa untuk dana kewilayahan tahun 2021 ini sampai saat ini belum jelas nilainya,” pungkasnya.

Reporter: Jajat S
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*