Pegawai Disdukcapil Kabupaten Bekasi Diduga Terbitkan KTP “Aspal” Bagi Warga

KTP masyarakat yang tidak terdaftar di Disdukcapil Kabupaten Bekasi (dok. KM)
KTP masyarakat yang tidak terdaftar di Disdukcapil Kabupaten Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Bekasi merasa dikecewakan oleh pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang dianggap “tidak profesional” dalam menjalankan tugasnya sebagai aparatur pemerintah.

Hal itu dirasakan oleh Julham, seorang warga Bekasi, yang kecewa berat lantaran kartu tanda penduduk (KTP) yang sudah bertahun-tahun dimilikinya ternyata tidak terdaftar di database Disdukcapil Kabupaten Bekasi. Itu ia sadari saat ingin melakukan pembuatan rekening di salah satu bank, yang menemukan bahwa KTP yang dimilikinya ternyata tidak terdaftar.

“KTP yang saya miliki sudah bertahun-tahun saya pegang, ternyata ketika ingin dibuatkan kartu rekening di bank, diperiksa NIK KTP oleh pihak bank, ternyata tidak terdaftar di Disdukcapil Kabupaten Bekasi,” ujar Julham kepada KM, Selasa 21/1.

“Dengan tidak terdafatarnya KTP saya di Disdukcapil, saya menduga pegawai kecamatan dan Disdukcapil tidak profesional bekerja di saat melakukan pendataan kependudukan kepada masyarakat, karena KTP adalah suatu legalitas dan identitas kependudukan masyarakat,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, aktivis dari “Lembaga Tinggi Komando Pengendalian Stabilitas Ketahanan Nasional-Pers Informasi Negara RI” (LTKPSKN-PIN RI), Daniel Apollo mengecamnya dan mengatakan bahwa pihak terkait “harus bertanggung jawab”.

“Ini sudah merugikan warga yang bersangkutan dan untuk itu para pihak yang terkait dapat bertanggung jawab untuk permasalahan ini,” kata Daniel.

“Dengan itu, lembaga kami siap membantu untuk membuat pelaporan jika yang bersangkutan menyerahkan permasalahannya kepada lembaga kami, dan apa bila pihak dinas terkait telah melakukan penerbitan KTP aspal harus bertanggung jawab, ini sudah jelas merugikan masyarakat,” tegasnya.

Reporter: Den
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*