Desa Mekarsari Cikaum Siap Dimekarkan

Bangunan Balai Musyawarah Dusun Ciawitali yang siap dipergunakan untuk sarana kantor pelayanan pemerintahan sementara desa pemekaran Mekarsari (dok. KM)
Bangunan Balai Musyawarah Dusun Ciawitali yang siap dipergunakan untuk sarana kantor pelayanan pemerintahan sementara desa pemekaran Mekarsari (dok. KM)

SUBANG (KM) – Desa Mekarsari yang berada di wilayah Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, “siap” menuju pemekaran. Berdasarkan pemetaan sementara baik dari jumlah penduduk maupun luas wilayah, desa tersebut sudah dianggap cukup memenuhi standar kelayakan.

Sekretaris panitia pemekaran desa, Sunanta, mengatakan bahwa pada saat ini jumlah penduduk per Desember 2019 mendekati 4500 jiwa dari jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 1.485, yang meliputi 3 dusun, yang sudah siap menjadi wilayah desa baru dari desa induk Mekarsari,” ungkap Sunanta kepada KM, Kamis 23/1.

“Untuk sarana penunjang kelengkapan, salah satu persyaratan yaitu sudah adanya bangunan Balai Musyawarah Dusun. Sudah ada berlokasi di RT 21/05 Dusun Ciawitali yang rencananya nantinya bisa dipergunakan untuk pelayanan aktivitas pemerintahan sementara desa dari pemekaran Desa Mekarsari,” terang Sunanta.

Sementara Kepala Desa Mekarsari Ade Asmawinata membenarkan bahwa Desa Mekarsari akan ada pemekaran. “Ya benar Desa Mekarsari akan dimekarkan, atas dasar musyawarah antara pihak desa, para tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, dan masyarakat Desa Mekarsari,” jelas Ade melalui sambungan telepon.

“Sebenarnya rencana pemekaran Desa Mekarsari sudah direncanakan cukup lama, dan baru ditindaklanjuti tahun ini, mudah-mudahan rencana pemekaran ini bisa berjalan lancar,” pungkas Ade.

Reporter: udin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*