Bupati Subang Lantik 20 Orang Pengawas di Lingkungan Disdikbud

Bupati Subang, Ruhimat bersama dengan para pengawas seusai dilantik pada Kamis 23/1/2020 (dok. KM)
Bupati Subang, Ruhimat bersama dengan para pengawas seusai dilantik pada Kamis 23/1/2020 (dok. KM)

SUBANG (KM) – Bupati Subang Ruhimat melantik dan mengambil sumpah jabatan pengawas sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Subang di aula kantor Disdikbud, Kamis 23/1.

Sebanyak 20 orang, terdiri dari 18 pengawas tingkat Sekolah Dasar (SD) dan 2 pengawas tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), dilantik pada pagi itu.

Dalam amanatnya, Bupati mengatakan bahwa jabatan yang diemban merupakan sebuah “amanah dan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan baik, mengingat jabatan yang diemban akan bertanggungjawab tentunya bukan hanya di dunia.”

Ruhimat memapartkan, pengawasan satuan pendidikan memiliki peran dan tugas untuk pemantauan supervisi, akademik dan manajerial evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut hasil pengawasan yang harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.

“Pengawas memiliki tugas melakukan pengawasan terhadap dua hal penting dalam pendidikan disekolah yaitu, proses pendidikan, pengelolaan sekolah dimana proses pendidikan terkait erat dengan kegiatan pengembangan potensi, efektif dan psikomotif siswa, sementara pengelolaan sekolah berkaitan dengan pengaturan dalam memanfaatkan sumber daya sekolah secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Advertisement

“Selain melakukan pengawasan secara formal, berikan pula motivasi kepada kepala sekolah dan guru agar mampu memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas, untuk itu segera lakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan serta bangun koordinasi, komunikasi, tumbuhkan inovasi dan kreatifitas dan kerjasama yang baik dengan seluruh stekholder sehingga tugas pengawas dapat berjalan dengan optimal,” lanjutnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi, Sekda Aminudin, Kadisdikbud Subang Tatang Komara, Kesbangpol Subang, Kabid PAUD dan Dikmas Maman Rochman, Kabid Dikmen Aep Saepudin serta tamu undangan lainnya.

Reporter: Sunardi, Mulyadi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*