Warga Berdesakan di Pilkades Leuwimekar, Banyak yang Pingsan

Warga Desa Leuwimekar berdesakan untuk dapat masuk ke lokasi pencoblosan Pilkades, Minggu 3/11/2019 (dok. KM)
Warga Desa Leuwimekar berdesakan untuk dapat masuk ke lokasi pencoblosan Pilkades, Minggu 3/11/2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Penyelenggaraan Pilkades di Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang menuai kekecewaan warga lantaran kurang terorganisir dan banyak warga yang tidak dapat mencoblos karena tidak mendapat surat suara. Dalam kontes tersebut, Sumarno alias Jaro May menang telak dalam perebutan kursi Kepala Desa yang digelar pada Minggu 3/11 kemarin. Memperoleh 1.856 suara, Jaro May berhak untuk ketiga kalinya menjabat sebagai Kades Leuwimekar.

Pemungutan suara Pilkades Leuwimekar yang dilakukan di halaman Universitas Ummul Quro, Minggu 3/11 menuai banyak kekecewaan dari masyarakat, dengan lokasi TPS yang hanya menggunakan satu pintu, mengakibatkan masyarakat berdesakan berebut untuk dapat masuk ke lokasi TPS. Warga juga harus mengantri lagi untuk mendapatkan surat suara setelah sebelumnya menyerahkan surat undangan yang dilampiri data catatan penduduk pribadi. Akibatnya, banyak warga yang tumbang berjatuhan pingsan sehingga harus mendapat perawatan dari tim medis dan dilarikan ke Puskesmas terdekat.

“Saya sangat kecewa atas penyelenggara Pilkades kali ini, untuk dapat masuk saja, saya harus berjuang berdesakan dengan yang lainnya,” ujar Eeng, warga Kampung Suka Asih kepada awak media.

“Yang lebih kecewa lagi setelah saya menyerahkan surat undangan dilampiri KTP saya sampai siang hari, saya tidak dipanggil untuk mendapat kertas suara sehingga saya bahkan lebih banyak masyarakat lagi yang tidak dapat melakukan pencoblosan,” tegas Eeng penuh kecewa.

Kondisi tersebut pun membuat angka partisipasi pilkades di Leuwimekar terbilang rendah. Penghitungan suara yang dilakukan setelah maghrib menyimpulkan bahwa calon kades Ade Hidayatullah meraih 683 suara, Sumarno 1.856 suara, Abdulah Jamaludin 834 suara, Dadan Ramdani 183 suara dan Moch Yusup 423 suara.

Mengetahui jagoannya unggul jauh, para pendukung Jaro May meluapkan kegembiraannya dengan konvoi menuju kediaman Jaro May di Kampung Suka Asih.

Reporter: Dian Pribadi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*