Petahana Menang di Pilkades Lumpang Parungpanjang

Tabulasi perolehasn suara Pilkades Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor (dok. KM)
Tabulasi perolehasn suara Pilkades Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – H. M. Rodis Faisal, calon kades Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setelah mengalahkan 4 pesaingnya di Lapangan Batik Lumpang pada hari Minggu 3/11 kemarin.

Calon petahana itu berhasil mendapatkan suara terbanyak dengan jumlah 5.373 surat suara sah, unggul jauh dari para pesaingnya, seperti H. Sariman yang mendapatkan 151 suara, Junaedi 583 suara, Drs. Ucup Priatna 1.841 suara dan Sudarmin mendapatkan 45 suara. Jumlah surat suara tidak sah sebanyak 138. Adapun jumlah DPT Lumpang sebanyak 9.766 dan yang menyalurkan suaranya sebanyak 8.131.

Menyambut kemenangan tersebut, pria yang akrab disapa Caning itu mengungkapkan apresiasi kepada seluruh tim suksesnya yang telah membantu mensukseskan Pilkades sampai dirinya dapat mempertahankan jabatannya sebagai Kepala Desa Lumpang untuk masa jabatan 2020-2026.

“Alhamdulillah berkat kerjasama tim Baraya Caning saya terpilih untuk 2 periode, dan sangat senang sekali mudah-mudahan saya bisa membawa Desa Lumpang yang lebih maju,” ucap Caning saat diwawancarai Senin malam 4/11.

Kedepannya, Caning mengaku akan “mendinginkan suasana” terlebih dahulu, karena menurutnya, pasca Pilkades masyarakat masih ada yang “gontok-gontokan” karena berbeda pilihan. Ia juga mengaku akan menemui para pesaingnya untuk bisa memahami dan legowo menerima hasil Pilkades.

“Saya akan mencairkan dulu di wilayah ini setelah pemilihan suka ada gontok-gontokan di kampung, target saya untuk mencairkan solusi supaya tidak ada lagi mempersoalkan siapa yang menang siapa yang kalah saya berencana secapatnya kita lihat situasi dulu seperti apa persoalannya, mudah-mudahan semua rival politik saya yang bertarung pada 3 November 2019 bisa memahami dan legowo,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Lumpang Ajies Supendi mengaku bersyukur bisa melaksanakan Pilkades sesuai Perbup Bogor Nomor 30 tahun 2019, menyelesaikannya dengan transparan dan menghabiskan biaya sekitar 160 juta rupiah.

“Saya sudah menyelesaikan Pilkades sesuai peraturan yang diberikan bupati yaitu Perbup nomor 30 tahun 2019, kita melaksanakan secara transparan, tahapan-tahapan kita laksanakan secara transparan sesuai dengan aturan yang ada, sesuai anggaran permerintah kami mendapatkan 15.000 per hak pilih yang dikali 9.766 DPT, menghabiskan biaya sekitar 160 jutaan,” tegas Ajies.

Ajies menambahkan, sesuai validasi DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang diberikan oleh RT, panitia mencatat ada 15 orang DPT yang tidak terdaftar dan tidak bisa memilih karena “belum siap”, dan hal ini yang memicu kericuhan calon pemilih masyarakat Desa Lumpang.

“Kalau dulu DPT itu sehari sebelum hari H bisa dilaksanakan atau bisa dimasukkan ke dalam DPT, kalau sekarang sebulan sebelum hari H harus disediakan, jadi DPT yang tidak tercantum tidak bisa memilih alasannya karena tahapannya DPT itu ditutup pada tanggal 30 September 2019 udah selesai,” jelasnya.

“Kita buat laporan dlu ke BPD setelah itu kami lepas tanggung jawab, dan Saya berharap untuk membangun desa itu tidak harus menjadi kepala desa menurut saya, ayo kita bareng-bareng, kita gabung ke Pemerintahan Desa, banyak kok selain kepala desa untuk menbangun desa itu banyak caranya,” tandas Ajies.

Ketua PK (Pengurus Kecamatan) KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Parungpanjang Bogor Abdul Hakim turut mengucapkan selamat kepada Rodis Faisal atas kemenangannya dan mengharapkan kades terpilih itu bisa membawa kemajuan untuk Desa Lumpang.

“Saya ketua PK KNPI Parungpanjang Abdul Hakim mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali bapak HM Rodis Faisal atau Caning sebagai Kepala Desa Lumpang dengan perolehan suara terbanyak dari 4 orang calon lainnya, semoga bapak bisa melanjutkan kemajuan Desa Lumpang, bisa menambahkan kembali peningkatan di bidang SDM khususnya kepemudaannya,” ucap Abdul saat dihubungi KM kemarin.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Komentar Facebook