Pengamat Sayangkan Lemahnya Pengawasan Terhadap Proyek Betonisasi Jalan di Perum Regency 2 Cibitung

Pekerjaan betonisasi jaling di jl. Mangga V Rt018/18. Perumahan Regency 2 Kelurahan Wanasari Cibitung yang sudah di-coredrill (dok. KM)
Pekerjaan betonisasi jaling di jl. Mangga V Rt018/18. Perumahan Regency 2 Kelurahan Wanasari Cibitung yang sudah di-coredrill (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pekerjaan betonisasi jalan lingkungan (jaling) yang dikerjakan CV. Semarak Abadi di Perumahan Regency 2, Jln. Mangga V RT018/018 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, dipertanyakan lantaran lemahnya pengawasan terhadap proyek tersebut.

Adapun pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan kurang lebih dua minggu lalu ini sudah di-core drill pada Kamis 31/10 kemarin.

Konsultan kegiatan, Nana, saat ditanya KM terkait hasil core drill pekerjaan tersebut melalui pesan singkat, tidak merespon.

Yayat Hidayat, pemerhati infrastruktur Kabupaten Bekasi yang juga warga Wanasari menyayangkan lemahnya pengawasan oleh konsultan sebagai pengawas pendamping yang hanya datang dan melihat tanpa adanya ketegasan sesuai kewenangan untuk mencegah terjadinya kecurangan oleh kontraktor.

“Kami tahu kewenangan konsultan berhak selaku pengawas pendamping, namun kami lihat tidak dilakukan, sehingga terkesan tidak serius dalam pengawasannya,” ujar Yayat kepada KM.

Terlebih, lanjutnya, saat menentukan atau menginformasikan hasil core drill, konsultan berhak menentukan dimana titik yang ia duga tidak sesuai volume atau harus bertindak tegas dengan hasil tersebut saat menyampaikan ke Dinas maupun kepada publik.

“Kurang atau lebihnya hasil kegiatan rekanan itu tanggung jawab konsultan, sehingga harus ada ketegasan darinya,” katanya.

“Diminta adanya evaluasi agar masyarakat mendapat kepastian hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Reporter: mon
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*