Lestarikan Warisan Budaya Leluhur, Pemdes Sumurgintung Pagaden Barat Gelar Ruwat Bumi

SUBANG (KM) – Pemerintah Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang menggelar “ruwat bumi” pada Kamis 31/10 kemarin di halaman kantor Desa Sumurgintung, yamg diwarnai dengan pagelaran wayang golek Ki Dalang Totom.

Camat Pagaden Barat, Deni Setiawan beserta jajarannya turut hadir dalam acara ruwat bumi tersebut. Deni dalam sambutannya mengatakan bahwa ruwat bumi ini adalah suatu adat istiadat yang perlu dilestarikan karena hal tersebut merupakan “warisan budaya leluhur”.

“Jangan sampai generasi selanjutnya tidak tahu apa itu ruwat bumi mengingat, zaman semakin modern. Untuk itu semoga acara ruwat bumi ini terjaga terus, semoga juga bisa dilaksanakan tiap tahunnya secara terus menerus dan bisa menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten sebab ruwat bumi ini selain adat budaya, tidak menutup kemungkinan jadi destinasi wisata tahunan,” tuturnya.

Adapun dari Pemerintah Desa Sumurgintung yang diwakili Sekertaris Desa, Aep menyampaikan ke awak media Kupas Merdeka bahwa kegiatan tersebut merupakan acara syukuran yang menandai akan datangnya musim tanam, atau turun nyambut.

“Selain itu merupakan adat istiadat budaya dari leluhur yang perlu dilestarikan para petani khususnya warga Desa Sumurgintung dan juga menjadikan acara ruwat bumi ini sebagai acara silaturahmi antar warga desa. Bisa terjalinnya rasa gotong royong sehingga terbentuknya komunikasi yang baik antara warga dan aparatur desa,” kata Aep.

“Dengan adanya acara ruwat bumi ini menjadikan penyemangat bagi petani untuk memperoleh hasil pertanian yang lebih baik lagi mengingat warga desa mayoritas petani,” pungkasnya.

Reporter: Ahmad Minaldi
Editor: HJA

Komentar Facebook