13 Ribu Surat Suara Pilkades Tugu Selatan Cisarua Dimusnahkan

Pembakaran surat suara Pilkades Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Sabtu 2/11/2019 (dok. KM)
Pembakaran surat suara Pilkades Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Sabtu 2/11/2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sebanyak tiga belas ribu surat suara pemilihan kepala desa (Pilkades) Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, akhirnya dimusnahkan lantaran surat suara untuk pencoblosan tersebut dianggap telah merugikan sebagian calon kades. 4 dari 5 calon kades tidak terima dengan foto mereka di surat suaranya yang dinilai tidak jelas.

Camat Cisarua Deni Humaidi saat dimintai keterangan ketika menyaksikan pembakaran surat suara tersebut mengatakan bahwa kejadian ini harus dijadikan pembelajaran buat kedepannya untuk para panitia penyelenggara Pilkades, “agar lebih ekstra hati-hati lagi dalam menjalin koordinasi terhadap para kandidat calon kepala desa,” ungkapnya.

“Seharusnya pihak panitia ketika ingin mencetak surat suara yang sudah didesain, mengumpulkan mereka semua kandidat calon kepala desa dan kalau bisa jangan diwakili, agar ketika sudah dibuat berita acara melalui tanda tangan kesepakatan, ketika surat suara sudah dicetak mereka tak lagi dapat protes karena adanya perjanjian tersebut. Tentunya mereka dengan sudah melihat hasil sample surat suara yang sudah dibuat dari percetakan,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu anggota timses calon kades yang hadir menerangkan bahwa pihaknya tidak terima dengan surat suara karena foto calon kades jagoannya “tidak terang”.

“Kami sebagai timses salah satu kandidat, tentunya tidak terima melihat bentuk fotonya tidak terang, sementara itu untuk salah satu calon terlihat jelas,” ungkapnya.

Pihak panitia Pilkades mengatakan bahwa kerugian yang dialaminya dengan pemusnahan 13 ribu surat suara tersebut mencapai sebesar tujuh juta rupiah.

Reporter: muklis
Ed!tor: HJA

Camat Cisarua Deni Humaidi sedang menyaksikan pemusnahan 13 ribu surat suara pencoblosan di desa Tugu selatan.

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*