KNPI Parungpanjang Gelar Giat Wawasan Kebangsaan dan Pelatihan Jurnalistik, Peringati 74 Tahun PGRI

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Pengurus Kecamatan (PK) KNPI Parungpanjang, Kabupaten Bogor, menggelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan pelatihan jurnalistik di SMK Bina Putra Mandiri, Parungpanjang, Jurusan Multimedia, Senin siang 26/11.

Acara ini dilakukan PK KNPI Parungpanjang untuk memperingati 74 tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ketua PK KNPI Parungpanjang Abdul Hakim mengungkapkan, kegiatan ini diadakan untuk mendorong dan memberi wawasan kepada para siswa, terutama mereka yang ambil jurusan multimedia, dengan perkembangan dunia digital. “Kami atas nama PK KNPI sangat prihatin dan ingin membantu bagaimana cara membuat dan memakai media sosial dengan baik dan benar,” ucap Abdul.

Selain itu Abdul menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak SMK Bina Putra Mandiri, Egi Gunadhi Wibhawa dan Heni Herawati atas kesempatan, tempat dan fasilitas.

“Saya ucapkan juga kepda Bapak Danramil Parungpanjang Kapten Infantri Agus Purnama dan Hari Setiawan atas waktu dan materinya untuk mengisi kegiatan ini,” tambahnya.

Pemateri pertama dari Danramil Parungpanjang Kapten Infantri Yusup memberikan materi wawasan kebangsaan untuk siswa/i SMK Bin Putra Mandiri. Dirinya memberikan satu materi mengenai inspirasi dari Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno, untuk membangun generasi muda penerus bangsa.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia, Itulah salah satu kalimat yang paling fenomenal yang pernah diucapkan oleh bapak presiden pertama kita Ir Soekarno yang sampai saat ini masih mengiang di telinga kita,” tegas Kapten Agus.

Agus juga menuturkan, generasi muda harus mencontoh seperti pemuda PK KNPI Parungpanjang.

Pemateri lain yang mempunyai profesi sebagai seorang jurnalis, Hari Setiawan menjelaskan, siswa-siswi SMK Bina Putra Mandiri harus ada yang menjadi wartawan, karena semua orang bisa menjadi wartawan asalkan mengerti rumus dasar yang harus dimiliki oleh seorang wartawan, yaitu 5W + 1H and so what?

“Saya berikan materi dasar terlebih dahulu, karena dari mengerti materi dasar ini sudah dipastikan bisa menulis berita, yaitu mengerti 5W + 1H and so what,” tegasnya.

Menurut pihak KNPI Parungpanjang, agenda Wawasan Kebangsaan dan pelatihan jurnalistik ini akan rutin dilakukan dan dilaksanakan setiap minggu.

Rencananya, Senin depan tanggal 2 Desember 2019, PK KNPI Parungpanjang akan gelar Wawasan Kebangsaan dan pelatihan jurnalistik di SMAN 1 Parungpanjang, dengan target narasumber Kapolsek Parungpanjang baru Kompol Nundun Radiaman.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Komentar Facebook