Mahasiswa Unpak Bogor Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Iuran BPJS, Pelanggaran HAM

Aksi Mahasiswa Unpak Bogor dalam Refleksi Hari Pahlawan, Rabu 13/11/2019 (dok. KM)
Aksi Mahasiswa Unpak Bogor dalam Refleksi Hari Pahlawan, Rabu 13/11/2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HMI MPO dan PMII Universitas Pakuan melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Tugu Kujang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu 13/11. Para mahasiswa itu menolak adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan mencapai 100 persen dan kebakaran hutan serta kejahatan HAM.

“Pada kesempatan ini di hari pahlawan, kita hanya mengingatkan kepada masyarakat, bahwa masih banyak permasalahan yang dibiarkan oleh pemerintah,” ujar Koordinator Komisariat HMI MPO Universitas Pakuan, Dede Sugiarto, kepada wartawan.

“Hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2019 ini, yang dimana para pahlawan telah gugur mempertahankan bangsa ini, namun, masih banyak kejadian dan persoalan di beberapa daerah yang dibiarkan oleh pemerintah,” katanya.

“Ini salah satu aspirasi kami sebagai mahasiswa untuk merefleksi atau mengingatkan pemerintah, untuk mengungkap sejumlah kasus yang belum diselesaikan salah satunya kebakaran hutan yang banyak korban dari masyarakat, ” jelas dia.

Sementara itu, Korlap aksi dari PMII, Rizki mengatakan bahwa upacara Hari Pahlawan yang digelar di berbagai daerah tidak mempelajari bagaimana usahanya para pahlawan hingga gugur di medan perang.

“Kami rasa banyak yang mengenang para pahlawan, akan tetapi hanya sebatas diingat, bukan dilakukan atau dikerjakan semestinya ketika para pahlawan mengusir penjajah, ” kata dia.

Menurut dia, permasalahan yang ada di bangsa ini, yang paling krusial ketika munculnya paham radikalisme yang mau mengganti ideologi Pancasila. Hal ini menurutnya merupakan sebuah pekerjaan rumah bagi pemerintah yang harus dituntaskan.

“Permasalahan yang sangat krusial segera dipecahkan dan membuat solusi agar tidak terjadi kembali, apalagi hingga berdampak pada masyarakat kecil, seharusnya, momentum hari pahlawan menjadi motivasi terhadap anggota DPR maupun penguasa,” sambungnya.

Reporter: Firman
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*