Pertambangan Pasir di Desa Terak Bangka Tengah Semakin Marak

Aktivitas pertambangan pasir yang berada di Desa Terak, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah (dok. KM)
Aktivitas pertambangan pasir yang berada di Desa Terak, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah (dok. KM)

BANGKA TENGAH (KM) – Diduga tidak mengantongi izin, aktivitas pertambangan pasir di Desa Terak, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, akhir-akhir ini terpantau semakin marak.

Sabtu 31/8, tampak di lokasi 2 unit alat berat excavator besar berwarna biru merk Kobelco tengah beroperasi mengambil pasir dan menuangkan material pasir ke puluhan mobil dump truck yang terpakir di lokasi tersebut.

Seorang wanita yang menjadi juru catat dan mengambil uang pembayaran material pasir yang ditemui KM di lokasi mengaku tidak bisa banyak berkomentar. “Disini hanya menggantikan suami saya untuk sementara, karena suami saya mau istirahat pulang ke rumah dulu,” kata wanita itu.

“Mengenai izin pertambangan pasir galian C itu tidak ada, kemudian lahan ini milik pribadi warga Pangkalpinang,” tambahnya. Namun dirinya enggan mengungkap siapa pemilik lahan tersebut.

“Untuk masalah izin tambang pasir ini tidak ada dan lahan tersebut milik pribadi, kita disini hanya bayar fee dengan pemilik itu,” jelasnya.

Reporter: Robi Karnito, Herdianto
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*