Mubes BMMB Siap Digelar, Ketua MK dan Dua Gubernur Diharapkan Hadir

(dok. KM)
(dok. KM)

JAKARTA (KM) – Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Jabodetabek akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) VII pada tanggal 29 September 2019. Acara tersebut akan dihelat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

Ketua panitia penyelenggara, Dr. Hermawan Saputra mengemukakan bahwa pihaknya akan mengundang Ketua MK Anwar Usman, yang merupakan seorang putra Bima, dan juga dua gubernur, yakni Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Mudah-mudahan beliau-beliau itu berkenan hadir bersama kita,” ujar akademisi muda itu melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis 26/9.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia, Syarif Hidayatullah, menjelaskan bahwa peserta mubes akan memilih ketua umum BMMB beserta jajaran untuk kepengurusan periode 2019-2022. “Diharapkan kepengurusan baru mampu membuat gebrakan untuk kemajuan organisasi dan berimplikasi positif bagi pembangunan nasional,” kata Syarif yang juga berprofesi sebagai pengacara.

Hajatan suksesi kepemimpinan BMMB yang dikemas dengan silaturrahmi tersebut diperkirakan akan diramaikan oleh ribuan anggota BMMB dan rencananya akan dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional asal Bima dari Jabodetabek dan Banten.

Momentum mubes BMMB kali inipun akan dimanfaatkan untuk menghimpun segala potensi dan sumber daya perantau asal Bima, sehingga organisasi paguyuban etnis yang didirikan pada tahun 1972 silam itu bisa berperan optimal sebagai wadah silaturahmi dengan jaringan kerja yang produktif.

“Respon para sesepuh Bima untuk mendukung acara ini sangat besar, baik moril maupun materil. Kami berterima kasih kepada para dermawan, dengan tulus dan cita rasa gotong royong membantu acara ini sesuai kapasitas masing-masing, termasuk dari sisi pendanaan,” jelas Bendahara Panitia Mubes Irwansyah A. Kariem.

Advertisement

Dalam persiapannya menuju mubes, panitia pelaksana mengaku telah beberapa kali mengadakan rapat koordinasi, termasuk rapat pleno panitia penyelenggara mubes pada Minggu (22/9) di D’pedas resto Jl. Haji Nawi Raya No 21 DE Jakarta Selatan.

Hal tersebut dikatakan oleh ketua Organizing Committee, Hj. Nurhaidah. “Persiapan teknis akan terus dimatangkan. Mudah-mudahan mubes berjalan lancar dan semakin menumbuhkan rasa kepedulian, merangkul kebersamaan dan ikut berpartisipasi dalam memperkokoh persatuan bangsa,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Steering Committee (SC) Mubes VII, Adi Baiquni memaparkan bahwa BMMB akan diproyeksikan sebagai organisasi yang aktif dalam mendayagunakan potensi orang Bima yang tersebar di dunia politik, lembaga pemerintahan, dunia usaha, akademik, yudikatif, dan lainnya untuk bergerak bersama membangun bangsa namun tidak melupakan kampung halamannya.

Senada dengan hal itu, Sekretaris SC Mawardin berharap dengan semangat tradisi intelektual, kekeluargaan dan solidaritas kebangsaan, diaspora Bima akan senantiasa memberikan kontribusi demi kemajuan daerah Bima, Provinsi NTB dan mendukung visi Indonesia maju.

“Kami juga akan bersinergi dengan simpul-simpul kebangsaan lainnya untuk merayakan peradaban dalam peta persaingan global,” harap pengamat politik dari Charta Politika itu.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*