Kejar Pelaku Penipuan Online, BHF Laporkan ke Polres Tangsel

Kantor Hukum BHF saat melaporkan akun FB R. Lesmana ke Polres Tangerang Selatan
Kantor Hukum BHF saat melaporkan akun FB R. Lesmana ke Polres Tangerang Selatan, Kamis 5/9/2019 (dok. KM)

TANGERANG (KM) – Bantuan Hukum Front (BHF) perwakilan Tangerang Selatan mengadvokasi warga yang diduga menjadi korban penipuan online di media sosial Facebook.

Akun FB bernama R.Lesmana resmi dilaporkan oleh BHF di Polres Tangerang Selatan pada 3 September 2019. Pelaporan tersebut dilakukan setelah ada pengaduan dari korban bernama Ilham Rahmat Rizqi, yang mengaku mengalami kerugian senilai 750 ribu rupiah.

Diceritakan bahwa awalnya korban bertransaksi dengan pelaku di media sosial Facebook untuk membeli sejumlah barang, namun setelah uang ditransfer barang tidak kunjung datang.

Rayi Priyai selaku kuasa hukum korban menyampaikan bahwa pelaporan tersebut dilakukan agar pedagang online dan konsumen lain tidak dirugikan akibat satu atau dua oknum penjual.

“Pasal 28 ayat 1 KUHP dan pasal 45 A UU ITE sudah mengatur bagi siapapun yang melakukan penipuan online,” ujar Rayi saat memberikan keterangan di kantor lembaga bantuan hukum besutan ormas Front Pembela Islam (FPI) itu, Kamis 5/9.

“Kami akan terus mendampingi hingga pihak berwajib mengungkap pelaku atau oknum penipuan online tersebut,” pungkas Rayi.

Reporter: Firman
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*