PN Bandung Vonis Habib Bahar Bin Smith 3 Tahun Penjara

Habib Bahar Bin Smith usai terima putusan Hakim di Bandung, 9/7/2019 (dok. KM)
Habib Bahar Bin Smith usai terima putusan Hakim di Bandung, 9/7/2019 (dok. KM)

BANDUNG (KM) – Habib Bahar Bin Smith akhirnya menerima vonis pidana dalam kasus penganiayaan 2 remaja. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung memvonis Bahar dengan hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

Pantauan kupasmerdeka.com, vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa yakni 6 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara. Sidang sempat mundur dari jadwal pukul 10.00 WIB, baru dimulai sekitar pukul 11.25 WIB.

Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad membacakan putusan.

“Mengadili, menyatakan, terdakwa Habib Sayyid Bahar bin Smith terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melawan hukum melakukan tindak pidana secara bersama-sama dengan sengaja dan melawan hukum merampas kemerdekaan seseorang yang mengakibatkan luka-luka berat,” ucap Hakim saat membacakan putusan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Selasa 9/7.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Habib Sayyid Bahar bin Smith dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda Rp 50 juta dan tetap berada dalam tahanan dengan ketentuan bila tidak dibayar diganti dengan pidana 1 bulan,” tambah hakim Edison.

Sementara itu Kuasa Hukum Habib Bahar, Ichwan Tuankotta menyatakan akan “pikir-pikir terlebih dahulu” untuk banding dalam putusan tersebut.

“Ya kami akan pikir soal banding, karena kami bersyukur vonis hukuman tersebut tidak berat,” jelasnya singkat.

Reporter: FM/IR
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*