Tambang PT. BMM di Kolong PDAM Merawang Diduga Serobot Lahan Masyarakat

(dok. KM)

BANGKA (KM) – PT. BMM yang melaksanakan aktivitas pertambangan pasir timah di lokasi air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Merawang dituding telah menyerobot lahan milik Samsul, warga Sungailiat, yang telah dikuasakan dirinya kepada Sumino, Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Bangka.

Tudingan adanya penyerobotan lahan milik Samsul ini disampaikan Sumino di hadapan beberapa awak media Senin 17/6.

“Kami turun ke sini ingin menanyakan langsung kepada pemilik tambang ini, kalau dia beli dari siapa lahan ini?” ungkapnya di lokasi tambang tersebut.

Sumino juga memaparkan asal-usul tanah yang dikuasakan kepadanya itu.

“Dulu tanah itu punya Aquan, dan dari Aquan dijual ke Gunawan, selanjutnya dari Gunawan dijual ke Samsul dengan seharga Rp 250.000.000,” kata Sumino.

“Saya kaget setelah mendengar kabar dari salah satu anggota Laskar Merah Putih bahwa dekat kolong PDAM Merawang sudah ada yang buka tambang, seterusnya bersama dengan tim saya langsung turun ke lokasi tambang yang dimaksud, ternyata memang benar adanya kegiatan pertambangan pasir timah disini, yang menggunakan surat izin uji coba pertambangan dari PT. Timah,” ujar Sumino.

Sumino mengaku dirinya akan menempuh “jalur yang ada” dan apabila upaya itu tidak berhasil, akan menempuh jalur hukum.

“Saya sebagai penerima kuasa dari Samsul pemilik lahan, dengan adanya masalah lahan ini, jelas kami akan menemui pihak PT. Timah supaya tambang itu segera ditutup. Dan apabilah tidak diindahkan saya akan lapor ke Polres, ke Polda, ke Kejari sampai ke Kejati,” tegas Sumino.

Sementara itu, pemilik PT. BMM berinisial Y alias A, ketika dimintai keterangan oleh beberapa awak media di lokasi pertambangan dekat kolong PDAM Merawang bersikap berang terhadap wartawan yang mewancarai dirinya

“Mana surat kuasa Sumino kalau dia di kuasai, kalian jangan asal buat berita, pikirkan dulu sebelum buat berita,” ketusnya.

Reporter: Dedy Wahyudi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*