Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bogor Dilaporkan 4 Caleg Atas Dugaan Penggelapan “Dana Kontribusi”

Caleg Gerindra Kota Bogor saat melaporkan dugaan penggelapan dana gotong-royong di Polresta Bogor Kota, Sabtu 1/6/2019 (dok. KM)
Caleg Gerindra Kota Bogor saat melaporkan dugaan penggelapan dana gotong-royong di Polresta Bogor Kota, Sabtu 1/6/2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Beberapa calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Gerindra Kota Bogor yang telah usai berkompetisi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 melaporkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam ke Polresta Bogor Kota terkait adanya dugaan penggelapan dana kontribusi/gotong-royong para caleg Partai Gerindra Kota Bogor.

Diantara yang melaporkan ke Satreskrim Polresta Bogor Kota adalah Caleg Dapil Tanah Sareal Nina Anggraeni, Caleg Bogor Barat Nina Murdiana dan Aang Syahbana, serta Caleg Bogor Utara Hj. Roro Rosdiana.

“Kami bersama-sama melaporkan dugaan adanya penggelapan dana kontribusi/gotong-royong para caleg Partai Gerindra yang turut dalam Pileg 2019 lalu. Dana yang diberikan sejak bulan Mei-Juni 2018,” ungkap perwakilan Caleg pelapor Roro Rosdiana kepada kupasmerdeka.com saat laporan di Polresta Bogor Kota, Sabtu 1/6.

“Kenapa kami melaporkan ini ke pihak Kepolisian, karena sampai saat ini kami belum menerima bentuk laporan pertanggungjawaban kemana saja aliran dana tersebut. Maka kami menduga adanya penyalahgunaan dana tersebut,” tambah Roro.

“Dari penyelenggaraan Pemilu kemarin hingga berakhir sekarang, Ketua DPC Gerindra Sopian tidak bisa menjelaskan dan mempertanggung jawabkan aliran dana tersebut sesuai dengan komitmen atau kesepakatan sejak awal dana tersebut diberikan dari para caleg,” lanjutnya.

“Kami sudah meminta secara baik dan komunikasi untuk meminta laporan terkait dana tersebut kepada Ketua DPC, namun tidak pernah merespon. Hingga pada 23 Mei 2019, Ketua hanya menjawab dana sudah habis,” tutur Roro.

Masih kata Roro, dana dari semua Caleg Kota Bogor tersebut diperkirakan puluhan juta. “Dengan tidak ada transparansi dan kejelasan dana tersebut maka kami melaporkan Ketua DPC Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam atas dugaan penggelapan,” kata Roro.

“Dengan cara komunikasi dan persuasif secara baik sudah kami lakukan, tapi karena tidak ada itikad baik, maka kami melakukan langkah hukum di Kepolisian. Dan akan ada Caleg yang menyusul untuk laporan juga,” pungkas Roro.

Sampai berita ini diturunkan pelaporan masih berlangsung di Polresta Bogor Kota.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*