Diduga Akan Buka Tambang Timah Baru, 3 Excavator Beroperasi di Belakang Kantor BLK Babel

Aktivitas tambang timah beroperasi menggunakan excavator di belakang Gedung BLK, Provinsi Babel (dok. KM)
Aktivitas tambang timah beroperasi menggunakan excavator di belakang Gedung BLK, Provinsi Babel (dok. KM)

PANGKALPINANG (KM) – Terlihat jelas 3 unit alat berat jenis excavator beraktivitas bebas di lahan bekas tambang di belakang Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Babel. Diduga 3 alat berat tersebut hendak membuka pertambangan timah Inkonvensional (TI) baru.

Menurut keterangan warga setempat, diduga ketiga alat berat tersebut pemiliknya berinisial Boss AT.

Jumat 14/6 warga berinisial WY dan AN, warga Padang Madura, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, mengungkapkan kepada KM bahwa mereka biasa menggunakan mesin mini di lokasi tersebut, namun kerap diusir oleh Pol PP.

“Biasanya setiap hari mencari nafkah buat untuk makan keluarga disini, dengan cara menggunakan mesin mini dan ngelimbang, itu pun selalu dilarang serta ditegur oleh Pol PP Provinsi Babel,” ujar WY.

Melihat sikap Pol PP yang dinilai tebang pilih tersebut, warga pun mengungkapkan kekecewaannya.

“Kami merasa kesamaan perilaku keadilan tidak berlaku di Provinsi Babel ini, kami rakyat kecil hanya mencari untuk makan tetapi ditindas, bahkan sebaliknya orang yang banyak uang tidak ditindas, malahan berbuat semaunya saja, seperti yang terjadi kami alami saat ini,” ungkap WY.

Sementara itu, KM berusaha meminta tanggapan Ketua DPRD Provinsi Babel,Didit Srigusjaya, namun hingga kini belum mendapat respon.

Reporter: Robi Karnito
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*