Lebih dari 900 Personil Satlinmas Ikuti Pelatihan dan Simulasi Pengamanan Pemilu

Pembukaan kegiatan pelatihan dan simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Kompi Kota Langsa, Senin 18/3/2019 (dok. KM)
Pembukaan kegiatan pelatihan dan simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Kompi Kota Langsa, Senin 18/3/2019 (dok. KM)

LANGSA (KM) – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, sebanyak 902 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mengikuti pelatihan dan simulasi pengamanan Pemilu yang digelar di Lapangan Belangkang, Langsa, Senin (18/3).

Sekretaris Satpol PP dan WH Langsa Kamaruzzaman selaku panitia pelaksana mengatakan, kegiatan ini pertama kalinya dipercayakan kepada Satpol PP dan WH, mengingat Satlinmas fungsinya berada di bawah Satpol PP.

Dijelaskannya, peserta Satlinmas yang berjumlah 902 orang ini, nanti akan ditempatkan 2 orang di setiap TPS.

Pelatihan dan simulasi dilaksanakan selama 4 hari, yang terbagi dalam empat tahap. “Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, hari pertama diikuti peserta dari Kecamatan Langsa Lama dan Langsa Timur, hari kedua diikuti Satlinmas Kecamatan Langsa Kota, hari ketiga dari Kecamatan Langsa Baro, dan hari keempat dari Kecamatan Langsa Barat,” kata Kamaruzzaman.

Adapun kegiatan akan dipimpin oleh unsur Polres Langsa dan unsur TNI dari Kodim 0104/Atim.

Dirinya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius, sehingga akan terciptanya kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat saat mengikuti kontestasi politik mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Langsa, Syahrul Thaib, mengatakan bahwa pelatihan anggota Linmas dilaksanakan berdasarkan Undang–undang nomor 10 tahun 2008 tentang pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, bahwa untuk melaksanakan tugas KPPS, di setiap TPS diperbantukan petugas keamanan dari Satlinmas, satuan pertahanan sipil atau perlindungan masyarakat sebanyak 2 orang.

Syahrul menekankan kepada anggota Linmas, baik yang bertugas di TPS dari tingkat Gampong, Kecamatan dan Kota agar dapat bertugas dengan penuh kedisiplinan dan tingkatkan rasa percaya diri serta selalu tanggap terhadap setiap perkembangan yang terjadi dengan cara segera melaporkan dengan cepat kepada aparat yang berwenang.

Reporter: muddin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*