Ketua Komisi I DPRD Bangka Tuding Sekwan Tebang Pilih dalam Tugasnya

Ketua Komisi I DPRD KAbupaten Bangka, H. Usnen (dok. KM)
Ketua Komisi I DPRD KAbupaten Bangka, H. Usnen (dok. KM)

BANGKA (KM) – Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bangka H. Usnen bersama anggotanya melayangkan protes keras terhadap kinerja Sekretaris Dewan (Sekwan) yang dianggap masih tebang pilih dalam menjalankan tugasnya.

Ketika dihubungi KM melaui pesan singkat WhatsApp kemarin 17/3, Usnen mengatakan bahwa seharusnya, semua anggota dewan punya hak dan kewajiban yang sama.

“Lembaga DPRD Kabupaten Bangka berdasarkan aturan Banmus (Badan Musyawarah) sebagai alat kelengkapan di Dewan untuk mengambil suatu keputusan nomor dua setelah paripurna, tetapi akhir-akhir ini keputusan yang telah disepakati bersama Banmus kenapa masih sering juga dilanggar?” ungkapnya.

Usnen juga menjelaskan bahwa masih ada anggota Dewan yang melanggar jadwal yang telah ditentukan atas persetujuan Sekwan. “Seperti contoh pada hari Senin 4-6 Maret sudah ditetapkan di Banmus, bahwa [rapat] intern komisi, sedangkan 7-10 Maret jadwal Bimbingan Teknis (BIMTEK). Kesepakatan di Banmus tidak ada kegiatan lain di lembaga dewan,” lanjutnya.

“Namun pada kenyataan nya masih ada anggota yang melanggar jadwal tersebut atas persetujuan Sekwan dengan melakukan kegiatan Dinas Luar (DL) berangkat hari Senin tanggal 4 Maret dan pulang pada hari Kamis tanggal 7 Maret yang merupakan hari pertama BIMTEK, padahal ada anggota Komisi 1 yang mau melakukan hal yang sama,” katanya.

Advertisement

Lebih lanjut, Usnen juga menambahkan bahwa masih banyak hal yang terjadi di Dewan ini, dan permasalahan yang ada sudah “berulang-ulang kali” dibicarakan di Banmus, tetapi masih saja tetap terjadi. “Sehingga Sekwan berani melakukan kegiatan yang salah dan tidak adil dalam menjalankan tugas nya di lembaga ini, ” tambahnya.

Usnen pun berharap kepada Bupati Bangka agar merespon masalah ini. “Sebab Sekwan ini merupakan perpanjangan tangan dari Bupati-sekda-sekwan, jadi kami mohon maaf jika masalah ini sudah masuk ke ranah eksternal Dewan,” ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, KM belum berhasil mendapatkan keterangan dari Sekretaris Dewan DPRD Kabupaten Bangka Andi Hudirman.

Reporter: Dedy wahyudy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: